Kejar Ilmu S3

Diterbitkan  Kamis, 11 / 06 / 2015 13:20 - Berita Ini Sudah :  560 Dilihat

Khairul SalehTAPOS, Belajar tidak dilihat dari segi usia. Setiap manusia senantiasa bisa belajar sampai kapanpun. Meski usia tak lagi muda, namun mencari ilmu tetap harus dilakukan.

Hal tersebut disadari juga oleh Khairul Saleh, Dosen Universitas Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang-Banten. Meski kini sudah meraih gelar S2, namun dia tetap semangat untuk kuliah S3 di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan mengambil jurusan penyuluhan pembangunan.

“Ini merupakan tuntutan yang harus saya jalani. Menjadi dosen minimal harus memiliki ijasah S2, namun jika ingin mengembangkan karir harus bisa menjadi S3,” ungkap Khairul.
Dosen yang mengajar di Fakultas Pertanian ini merasa tidak memiliki kesulitan ketika sedang mengalami tugas disertai dengan mencari ilmu.

“Dinikmati saja, ini tidak dijadikan sebagai penghalang dan rintangan. Namun sekarang saya sedang dibebas tugaskan karena tugas belajar ini,” ungkap pria yang sedang penelitian ini.

Dalam seminggu, untuk belajar dia sewa kost di Bogor. Meskipun begitu, tentu ia pun harus menyempatkan diri ke kampus dan pulang ke rumah.

“Jika menuntut ilmu itu seharusnya kembali kediri masing-masing untuk belajar. Jika seandainya memang dia mau merubah dirinya maka dia akan berusaha,” tuturnya.

Tapi kendalanya cenderung banyak pengaruh dari era komunikasi yang tidak terbendung, sehingga orang mencari informasi secara instan di internet, sehingga tidak mau mengembangkan dirinya.

“Media sosial itu ada positif dan negatifnya. Positifnya adalah dimana orang bisa mendapatkan informasi yang cepat, namun negatifnya bisa membuat orang menjadi malas belajar dan berkegiatan lainnya,” tutur Khairul.

Padahalnya menurutnya informasi yang bagus melalui proses pembelajaran. Kuliah itu bukan untuk mencari pekerjaan tapi bagaimana mengembangkan karakter dan kampuan dirinya sehingga mereka dengan karakter yang bagus akan memiliki etos kerja yang bagus.(pie/sam)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!