Tegas Tapi Penyayang

Diterbitkan  Jumat, 26 / 06 / 2015 13:10 - Berita Ini Sudah :  597 Dilihat

Dina AyuMenghadapi siswa yang memiliki beragam sifat membuat seorang guru harus memiliki mental kuat. Apalagi siswa yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Hal ini membuat Dina Ayu, guru kelas di MI Nurul Falah, Rawa Mekar Jaya, Serpong memiliki sifat tegas. Namun dibalik ketegasannya itu, dia sangat menyayangi anak didiknya.

“Murid ku adalah teman-teman di sekolah. Saya memang suka bersikap keras, tapi saya juga menyayangi mereka. Saya sering memposisikan diri saya menjadi teman mereka,” kata Dina.

Meskipun ia tegas, tapi anak didiknya dekat dengannya. Bahkan siswanya sering curhat dan bermanja-manja dengannya. “Mengajar mereka tidak hanya sebatas menulis dan membaca, namun lebih sering praktek dan memberikan info terbaru tentang anak-anak,” terangnya.

Dia menyentuh anak-anak menggunakan hati. Dia sering merangkul dan menatap matanya ketika berbicara.  Bahkan ketika anak didiknya sedikit nakal dia hanya member teguran.
“Setelah ditegur saya langsung berbicara dua mata dengannya. Alasan dia melakukan hal yang tidak baik itu kenapa. Jangan pernah memarahinya apalagi depan orang lain,” pungkasnya.

Dia juga mencontohkan dan memberitahu kepada murid agar memiliki perilaku terpuji seperti rasul. Kisah teladan nabi harus dikaitkan agar mereka berperilaku baik.(pie/sam)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!