Inovasi Belajar Menyenangkan

Diterbitkan  Jumat, 07 / 08 / 2015 13:30 - Berita Ini Sudah :  761 Dilihat

Destri NudyawatiDestri Nudyawati namanya, guru biologi SMA Santa Laurensia ini tidak pernah berhenti berkarya. Sejak 2007, Destri panggilan akrabnya, sudah mulai memberikan inovasi baru mengenai pembelajaran biologi yang menyenangkan.

Saat itu, Destri memformulakan kurikulum berbasis penelitian. Ditambah dengan perkembangan teknologi membuat anak menjadi lebih aktif. Sehingga, ia mengajak guru-guru dilingkungan SMA Santa Laurensia untuk mengubah paradigma.

“Mengajar itu bukan hanya mentransfer ilmu, tapi juga memberikan pengalaman baru bagi siswa dan guru. Jadi seperti belajar bersama,” ujar ibu yang pernah meraih penghargaan silver medal lab science ICYS itu.

Melalui penelitian, dia mencoba membangkitkan rasa keingintahuan anak yang selama ini terpendam. Bahkan, tidak jarang dia harus membuat konsepnya sendiri yang lebih kontekstual atau kekinian.

Destri meyakini, kecerdasaan anak tidak hanya dinilai dari kertas atau tes semata. Tetapi, melalui penelitian di lapangan, anak akan menjadi lebih leluasa mengeksplore kemampuannya.

Selama ini, perempuan yang juga menjabat wakil kepala Bidang Kurikulum SMA Laurensia itu tetap menggunakan jurnal-jurnal yang sudah ada. Anak-anak hanya mencari hal-hal baru yang belum pernah ditemuinya atau yang sudah ada, untuk kemudian dimodifikasi kembali.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari pembelajaran berbasis penelitian ini. Diantaranya, dengan sendirinya anak menjadi pribadi yang jujur, mandiri, dan bertanggung jawab.

“Penelitian itu kan hasil riset mereka, jadi mereka tidak bisa bohong apalagi sampai memanipulasi karya orang lain. Dan mereka juga harus mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya melalui presentasi,” pungkas wanita berkacamata ini.(pie/sam)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!