Remaja Terhipnotis Duta Pariwisata

Diterbitkan  Senin, 24 / 08 / 2015 13:30 - Berita Ini Sudah :  1061 Dilihat

Kang Nong Tangsel 2015TAPOS, PAMULANG – Nabila (18), mahasiswi Universitas Prasetya Mulia coba-coba ikut pemilihan Duta Pariwisata Kota Tangsel 2015 alias Kang Nong. Gadis cantik ini diseleksi ketat bersaing dengan ratusan peserta lainnya.

Nabila merupakan warga Kabupaten Tangerang. Namun dia mengaku tertarik untuk menjadi Kang Nong Kota Tangsel. “Saya ingin berkontribusi untuk Tangsel, karena saya lebih mengenal wilayah Tangsel dibandingkan wilayah tempat tinggal saya sendiri,”ungkap Nabila.

Namun impian Nabila untuk menjadi Duta Pariwisata itu kandas. Kemarin, sebanyak 200 peserta diseleksi ketat dewan juri yang dipersiapkan oleh Kantor Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangsel.

Dalam seleksi yang digelar di Kantor Walikota Tangsel di Pamulang itu, terpilih 12 pasang Kang Nong untuk bersaing di grand final yang akan digelar pada 11 September mendatang. Dalam tes tersebut, 200 peserta gadis dan jejaka itu ditanyai hal seputar Kota Tangsel dan kemampuannya dalam berbahasa Inggris.

Panik dan grogi terlihat dari wajah para peserta. Bahkan saat ditanya dewan juri apa nama tarian khas Tangsel, ada peserta yang tak mengetahuinya sama sekali. Malah ada yang menjawab tarian khas Kota Tangsel itu adalah palang pintu.

Sikap grogi juga ditunjukan peserta saat mereka diminta memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Inggris. Di antara peserta, pengucapan bahasa Inggris-nya masih ‘blepotan’. Bahkan ada peserta yang separuh menggunakan bahasa internasional itu dicampur dengan Bahasa Indonesia.

Selain diikuti peserta dari Kota Tangsel, pemilihan Duta Pariwisata ini juga menjadi daya tarik gadis dan jejaka dari daerah lainnya seperti Kabupaten Tangerang dan Kota Depok.

Gessica Karunia (20), gadis asal Depok ini mengaku tertarik mengikuti ajang tersebut karena mahasiswi Universitas Gunadarma ini melihat potensinya di Kota Tangsel lebih besar ketimbang mengikuti ajang serupa di tempat tinggalnya.  “Tangsel lebih menarik, potensi di Tangsel lebih besar,” jelasnya.

Kepala Budpar Kota Tangsel, Yanuar menjelaskan persaingan pemilihan Duta Pariwisata tahun ini lebih ketat dibandingkan tahun lalu dan jumlah pesertanya pun lebih banyak.
“Sabtu (22/8) kita melakukan penilaian dan sebanyak 30 pasang atau 60 orang terpilih. 60 pasang ini diambil menjadi 12 pasang dan Minggu (23/8) terpilihlah 12 pasang atau 24 orang yang masuk ke grand final untuk bersaing memperebutkan Kang Nong 2015,”ungkap pria akrab disapa Awang ini.

Dia pun menjelaskan dalam penilaian pencarian 12 pasang ini harus melewati lima juri yang menilai kepribadian mereka, organisasi dan kepemudaan, kemampuan mereka berbicara, kebudayaan dan termasuk pengetahuan kepariwisataan.

“Ada lima juri yang menilai, ada Putri Pariwisata Indonesia asal Banten, Nong Banten 2014, para juri ini sesuai dengan latar belakang kemampuan mereka,” paparnya.

Dari penilaian yang dilakukan, kemampuan para peserta ini sangatlah bervariasi, ada yang cantik namun pengetahuan pariwisatanya kurang, dan sebaliknya. Ada peserta memiliki fostur ideal namun, komunikasinya kurang bagus dan ada yang biasa namun pengetahuan pariwisatanya luar biasa.

“Penilaian ini dilakukan sangatlah selektif, kita mencari pemuda-pemudi yang berkualitas untuk mewakili Tangsel di tingkat Banten dan berharap maju ke nasional seperti sebelumnya,” harap Yanuar.

Yanuar meminta para peserta yang masuk dalam 12 besar ini harus mempunyai komitmen yang tinggi dan siap aktif selama satu tahun ke depan untuk melakukan tugasnya yakni roadshow keliling Tangsel dalam rangka pengenalan budaya Tangsel ke masyarakat.

“Selama ini komitmen tersebut belum begitu bagus, tahun ini Kantor Budpar membuat surat komitmen agar mereka lebih aktif untuk mempromosikan Tangsel. Ke-12 pasang remaja ini akan masuk karantina selama sembilan hari,” tukasnya.(irm)

Finalis Duta Pariwisata Kota Tangsel 2015

Kang:
1. Faisal Rachman Aviandra
2. Dwi Achmad Maulana
3. Ahmad Syopian
4. Fathu Rahman Jamil
5. Mochammd Eggy  Suprayoga
6. Andri Roesliana Putra
7. Daniel Banonbes Manalu
8. Reonaldo Alvela Wandur
9. Tizar Sahwirman
10. Yoga Iryadillah Nusantara
11. Brian Hezron
12. Khalifah Rizky N

Nong:
1. Bayini Rosyada Elkha
2. Maeizka Isnainy
3. Raisha Anindra Pascasiswi
4. Rayihan Cintya
5. Deavanty Lovendio
6. An Misaa Meidina
7. Ungry Lovermal
8. Azkia Fahraini
9. Chrissy Fransisca Olivyana
10. Sheila Syarsabilla
11. Finza Aulia
12. Zerlinda Siwati Zuhdi

Komentar Anda

comments