Ciputat Timur Layak jadi Kota Santri

Diterbitkan  Jumat, 23 / 10 / 2015 15:00 - Berita Ini Sudah :  1476 Dilihat

Hari Santri Kota TangselTANGSEL POS, CIPUTAT TIMUR – Ratusan santri di Ciputat Timur menggelar kirab Hari Santri Nasional, kemarin. Mereka berharap wilayahnya itu dinobatkan sebagai kota santri.

Peserta kirab berasal dari kawasan Ciputat Timur dan sekitarnya. Dalam aksinya mereka membawa poster beruoa kartun mengucapkan selamat, dan kata-kata dukungan seperti dari santri untuk negeri, ada juga tulisan santri tidak lepas dari pena dan buku.

Koordinator Kirab Hari Santri Nasional, Achmad Choiri menerangkan wilayah Ciputat Timur perlu dijadikan sebagai kota santri. Karena di wilayah tersebut paling banyak terdapat pondok pesantren dan sekolah madrasah atau sekolah Islam lainnya.

“Seperti kita ketahui bahwa kawasan Ciputat Timur cukup banyak santri dan ini perlu dinobatkan bahwa daerah Ciputat menjadi kota santri,” sebut ia dalam orasi.

Santri menjadi masa depan bangsa Indonesia, yang dapat mengawal dan mengabdikan diri menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Diresmikanya Hari Santri Nasional setiap 22 Oktober tentunya menjadi kebanggaan bagi semua santri di tanah air.

“Dengan ditetapkanya Hari Santri Nasional maka keberadaan santri telah diakui oleh negara sepenuhnya. Sejak dulu keberadaan pondok pesantren yang menghasilkan ribuan santri telah membangun negara Indonesia bahkan hinga kini sampai masa depan nanti, santri selalu hadir demi kemasalahatan umat,” paparnya.

Rangkaian kirab hari santri, dilakukan mengajak mahasiswa di kampus satu dan kampus dua UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dilanjutkan dengan salat istigosah akar dan pidato kebudayaan.

Humas Polsek Ciputat, Aiptu Mulyawan mengatakan pelasaksanaan kirab Hari Santri Nasional berjalan kondusif dan lancar. Kegiatan berlangsung sejak 07.30 WIB star dari pelataran Masjid Fatullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyusuri Jalan Ir Juanda, lalu melintas di Jalan Legoso dan mengarah ke Jalan Taruma Negara hingga ke Jalan Kertamukti.

Dalam pelaksanaan kirab, Mulyawan menjelaskan sudah melalui izin, bahkan jajaran Polsek Ciputat yang mengikuti apel saat itu berjumlah 70 ditambah lagi dari Polda Metro diperkirakan personel secara keseluruhan mencapi 100 personel. Meski para santri melaksanakan kirab namun kondisi jalan tetap berjalan lancar tidak terkendala.(din)

Komentar Anda

comments