Bukan Sekadar Komunitas Biasa

Diterbitkan  Sabtu, 24 / 10 / 2015 14:38 - Berita Ini Sudah :  995 Dilihat

Stand Up Comedy PamulangTANGSEL POS, PAMULANG – Stand Up Comedy? Semua orang pasti tahu jenis komedi satu ini. Dalam beberapa tahun terakhir ini, perkembanganya juga lumayan pesat. Itu ditandai dengan banyaknya acara di televisi swasta yang menampilkan para komika dengan aksi kocak mereka menghibur penonton.

Tidak hanya itu, komunitas stand up comedy juga bermunculan. Salah satunya stand up comedy pamulang (SUCP), yang dibentuk 4 Februari 2012 ini sudah berjalan 3 tahun. Leader SUCP merupakan Hamzah Abifaqi.

Dalam perjalannya, komunitas satu ini tidak hanya menjadi wadah nongkrong para anggotanya semata. Sebab, ada nilai edukasi yang mereka dapatkan selama bergabung di komunitas ini. Misalnya saja, tadinya yang tidak tahu cara membuat orang tertawa, jadi tahu dan bahkan lebih jago.

Menurut Kabiil-sapaan akrab Hamzah Abifaqi, kegiatan SUCP itu tidak hanya menghibur saja, tetapi juga mengajak dan memberikan cara-cara bagi para pemula untuk menjadi komik (pelaku komedian). Untuk menjadi seorang komika, seseorang juga harus memiliki kemauan keras, tidak sekadar modal lucu.

“Kegiatan kami itu ada openmic yang bertujuan untuk mengasah kemampuan para komik dalam berstand up comedy. Ada juga combud (comedy buddy) istilah untuk yang ingin belajar menjadi comic,” ujar Kabiil.

Pria kelahiran Brebes, 6 Juli 1990 bercerita, SUCP sudah mempunyai lebih 20 anggota hingga saat ini. “SUCP itu bukan sekedar komunitas, tetapi juga jadi keluarga para anggota untuk kumpul dan sharing apa saja. “SUCP ingin lebih mempunyai kesan seperti Keluarga,” tambah Kabiil.

Untuk masalah eksistensi, SUCP sering mengisi berbagai even di Tangsel, seperti pensi di sekolah, acara HUT Tangsel, dan acara yang diselenggarakan pemda. SUCP biasanya diundang untuk menghibur para tamu dalam berstand up comedy.

“Passion, kemauan buat belajar, dan gak starsyndrome. Karena masalah yang biasa dihadapi sama komik pemula adalah pada saat berstand up comedy terus dia berpikir tidak lucu, kemudian selesai sampai di situ saja. Saya rasa masalahnya bukan menjadi lucu, tapi bagaimana terus berusaha untuk terus belajar,” ucap Kabiil.

Nah, bagi yang tertarik untuk bergabung di Stand Up Comedy Pamulang dan sekaligus belajar untuk menjadi komik, bisa datang di FamilyMart Pamulang setiap hari Sabtu pukul 19.00 WIB atau bisa langsung follow twitter mereka @StandupPamulang, untuk tanya-tanya seputar kegiatan SUCP. Tertawalah sebelum ketawa itu dilarang.(cr5/sam)

Komentar Anda

comments