UnFail BMX Kota Tangsel, Komunitasnya Penyuka Tantangan

Diterbitkan  Sabtu, 31 / 10 / 2015 15:00 - Berita Ini Sudah :  1350 Dilihat

UnFail BMX Kota Tangsel
TANGSEL POS – Sepeda BMX (Bicycle Motocross) adalah jenis sepeda yang populer digunakan dalam atraksi ekstrem, memacu adrenalin dan mengundang decak kagum penonton. BMX bahkan sering dipertandingkan di kejuaraan olahraga ekstrem dunia.

Banyak komunitas penggemar sepeda BMX memainkannya dengan trik atau disebut freestyle. Salah satunya adalah UnFail BMX. UnFail BMX pertama kali dibentuk tahun 2008 dan mulai ramai sekitar 2010 diketuai oleh Insan Gunawan.

Humas UnFail BMX, Rahmat Darmawan atau biasa disapa Iwan, menjelaskan bagaimana pertama kali bedirinya UnFail BMX. “Dulu kita main BMX sebatas kumpul-kumpul saja, terus ada kakak salah satu rider BMX menikah dengan om Insan. Nah di situ, Om Insan mulai ngajarin bagaimana trik BMX yang baik,” ujar Iwan.

Anggota UnFail BMX terdiri dari remaja kisaran umur 17–24 tahun. Iwan yang mulai terjun ke dunia extreme BMX tahun 2010 ini, menceritakan pada saat pertama kali terbentuknya UnFail BMX, mereka hanya membuat sebuah dirt jump.

Dirt Jump adalah salah satu nama yang diberikan kepada praktek mengendarai sepeda lebih melompat jenis semen dari kotoran atau tanah dan bisa melompat di udara. Pada saat itulah, makin banyak orang yang ingin bergabung. “Untuk menambah anggota kita pindah latihan ke Ocean Park, di situ mulai banyak orang lihat dan ingin ikut bergabung,” tambah Iwan.

UnFail BMX sendiri, menurut Iwan sempat berpindah-pindah tempat, bahkan mereka sempat latihan di sekitar Taman Perdamaian BSD yang pada saat itu masih belum tertata rapih, dan bagus seperti sekarang. Setiap para anggota UnFail BMX ingin latihan mereka harus melakukan kegiatan gotong royong dahulu.

“Dulu setiap kita mau latihan, kita harus membersihkan pecahan botol dulu karena memang dulu tempat orang nongkrong. Jadi, kita latihan harus menunggu orang yang nongkrong bubar dulu baru kita bisa latihan,” pukas Iwan.

Sering Ikut Kejuaraan

Event perlombaan yang sudah diikuti UnFail BMX yakni Piala KNPI dan Kejuaraan Nasional (Kejurna) BMX. Selain itu, mereka sering mengisi berbagai macam event seperti Pensi sekolah, Festival Hijau Tangsel, Taman Seni 2, acara Sahabat 3R dan masih banyak acara-acara yang sudah mereka ikuti. UnFail BMX sendiri sudah mempunyai 25 anggota aktif.

Iwan juga menambahkan bahwa yang ingin bergabung ke UnFail BMX cukup datang ke Taman Perdamaian BSD, setiap Sabtu dan Minggu. Untuk yang tidak mempunyai sepeda, jangan khawatir kakak-kakak kece dari UnFail BMX dengan baik hati meminjamkan sepedanya.

Oh, iya UnFail juga mengadakan iuran sekitar Rp. 5.000,- s/d Rp. 10.000,- untuk perawatan alat latihan dan penambahan alat latihan. Mereka sangat ramah kok terhadap orang yang mempunyai kemauan untuk belajar BMX.

So, buat yang suka olahraga extreme BMX langsung aja gabung di UnFail BMX atau bisa follow twitter mereka @Failbmxid untuk mengetahui kegiatan apa saja yang mereka lakukan.(cr5/sam)

Komentar Anda

comments