Digulirkan Yayasan Wakaf Bani Umar


Ayo! Sedekah Pohon Sekarang

Diterbitkan  Kamis, 19 / 11 / 2015 13:20 - Berita Ini Sudah :  846 Dilihat

Program Sedekah Pohon Bani UmarTANGSEL POS, BINTARO – Memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada (21/11) mendatang, Centre of Waqaf Bani Umar (lembaga sosial dibawah naungan yayasan Wakaf Bani Umar) yang berpusat di komplek Masjid Raya Bani Umar Jl.Graha Raya Bintaro, Pondok Aren Tangsel, menggulirkan program “sedekah pohon”.

Program ini bertujuan untuk pemberdayaan lingkungan berbasis penanaman pohon, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis wakaf produktif. Daerah implementasi pertama penanaman pohon yayasan tersebut yakni, di Desa Toblong, Pendeuy Garut Jawa Barat dengan luas lahan 100 ha.

Lokasi kedua yakni di Desa Salopa Tasikmalaya Jawa barat, juga seluas 100 ha. “Kami berharap, semoga ada juga lahan-lahan yang bisa kami garap, bukan hanya di Jawa Barat tetapi di wilayah yang bisa kami jangkau, khususnya di wilayah Banten, Tangsel dan sekitarnya, agar program ini juga dapat dirasakan bagi saudara-saudara kita para petani pohon di tempat berbeda. Jika ada lahan yg dimungkinkan kami akan produktifkan melalui program ini. Untuk kepentingan pelestarian alam, Lingkungan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Karlinah Umar Wirahadikusumah, kemarin.

Ada tiga manfaat yang diusung dari kegiatan ini antara lain mendukung upaya pelestarian alam melalui penanaman pohon (ekologi). Juga bertujuan untuk pemberdayaan petani untuk meningkatkan kesejahteraan, serta optimalisasi lahan agar lebih berdampak bagai kehidupan, melalui pembinaan terpadu (empowerment).

Program ini dapat terlaksana tentu saja atas kerjasama masyarakat luas, mulai dari perusahaan, perbankan, komunitas, personal, sekolah, donatur dan orang yang peduli terhadap lingkungan hidup dengan para petani pohon dan lembaga center of waqf bani umar.

Mereka yakni Perusahaan Gas Negara (PGN), PT.Chandra Sakti Utama Leasing (CSUL) Jakarta, Persatuan Golf Asuransi Indonesia (PGAI), Keluarga Muslim Trakindo, MT- Exim Bank, MT- Arthaloka, MT- Panin Syariah Bank, MT- Jasa Raharja, MT- Sentra Mandiri, MT- Bulog, MT- Indosat, MT- Infomedia, MT- J Trust Bank, MT-RSIA- Tambak, MT- Graha XL, MT- Promotor Mercedez-Benz, MR- Bani Umar, MR- Pondok Indah, MT- Indy Bintaro, MT- Bank Permata, event Bintaro Plaza, MT- Pacific Place, PT.Novartis, Cilandak Town Square, serta Carefour.

Selain itu, program ini juga melibatkan tim dan sukarelawan hijau, yang mengerjakan migitasi lahan penanaman, penyediaan bibit, penanaman, perawatan dan pengelolaan hasil panen, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh petani penggarap. sebab 70 persen hasil panen akan diberikan kepada petani.(rls)

Komentar Anda

comments