Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, Tiga Puskesmas Dibangun

Diterbitkan  Kamis, 19 / 11 / 2015 13:55 - Berita Ini Sudah :  864 Dilihat

Pembangunan Gedung Puskesmas Kota TangselPemkot Tangsel melalui Dinas Kesehatan tahun ini membangun tiga puskesmas. Yakni, Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang, Bambu Apus, Kecamatan Pamulang dan Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong.

Ditargetkan ketiga puskesmas ini selesai pembangunannya pada 25 Desember. “Selesai harus sesuai kontrak kerja yakni 180 hari. Pembangunan di mulai pada Juli,” kata Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Menurutnya, saat ini pemkot sudah memiliki 25 puskesmas yang tersebar di tujuh kecamatan. Meski demikian, fasilitas kesehatan tersebut ditargetkan dapat menjangkau seluruh warga. Sehingga warga tidak perlu jauh-jauh datang ke rumah sakit.

“Target RPJMD nya itu kan harus beroperasi pada akhir tahun ini. Sehingga, kalau sudah rampung pembangunannya, akan langsung diisi dengan alat kesehatannya, perlengkapan yang menunjang, sampai dengan tenaga medisnya,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Suharno, menuturkan pembangunan ini merupakan bagian pelayanan terhadap masyarakat. Nantinya, ketiga puskesmas ini dilengkapi rawat inap. Konsep bangunan puskesmas diseragamkan dengan puskesmas lainnya dan dibangun dua lantai. “Ini untuk mencerdaskan warga. Artinya jika warga sehat tentunya warga akan cerdas,” ucapnya.

Kata dia, tiga puskesmas yang akan dibangun ini akan menjadi puskesmas rawat inap. Pembangunan puskesmas ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sarana pelayanan kesehatan. “Sejak awal kami bertekad membangun puskesmas di tengah-tengah pemukiman warga. Ini agar mudah diakses warga,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan tiga puskesmas tersebut menelan biaya masing-masing Rp2,7 miliar. kalau sudah selesai, Puskesmas akan langsung diisi dengan segala fasilitas kesehatan ataupun penunjang lainnya. Pemkot Tangsel memang tengah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sesuai dengan RPJMD.

Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel Iin Sofiwati menambahkan untuk SDM sudah dilakukan perekrutan yang diusahakan dekat dengan domisili. Nantinya akan ada pengangkatan petugas kesehatan untuk ditempatkan di puskesmas baru ini.(adv)

Komentar Anda

comments