Rangkaian HUT Tangsel ke-7


Kecamatan Pondok Aren Gelar Bazar

Diterbitkan  Senin, 30 / 11 / 2015 13:03 - Berita Ini Sudah :  765 Dilihat

Setidaknya lebih dari 100 stand digelar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke 6 Kota Tangsel yang digelar di lapangan Kecamatan Pondok Aren. Kegiatan selama tiga hari Jumat hingga Minggu (27-29/11).

Camat Pondok Aren, Suhendar mengatakan kegiatan yang dilakukan itu bagian dari perayaan HUT ke 7. Melalui kegiatan fasilitasi bazar banyak memberikan hal positif kepada pelaku ekonomi kreatif di Pondok Aren.

“Inilah upaya pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif di kawasan Pondok Aren,” tegas Suhendar.

Suhendar pun bersama-sama rombongan meninjau stand-stand yang ada, seperti parfum produk lokal. Hasil produk kompeksi baju anak-anak. Rombongan juga meninjau penjual bir pletok khas betawi.

“Minuman ini ramuan turun temurun ditanah Betawi, maka harus tetap dilestarikan. Kami sangat bangga di kawasan Pondok Aren ada yang mengembangkan minuman unik ini,” katanya.

Tak hanya itu, dilokasi pameran juga terdapat hsil produksi olahan kulit sapi. Mereka menjajakan berbagai model tas baik untuk pria dan wanita dengan model menarik dan unik.
Barang-barangnya cukup bagus, bahkan rombongan antara Camat Suhendar, Sekda Muhamad, Kelapa Koperasi dan UKM serta Sekcam Pondok Aren Makum Sagita kagum.

Sekcam Pondok Aren Makum Sagita mengungkapkan jika perayaan HUT Tangsel harus dilakukan yang bermanfaat. Jangan buat kegiatan tanpa ada yang bisa dipetik. Sambung mantan lurah Serua ini, untuk menghibur pada pedagang dan penonton menampilkan banyak perlombaan.

“Guna meramaikan kegiatan kami adakan lomba marawis antar kelurahan dari majlis taklim yang tersebar dilingkungan,” papar Makum.

Ia mengahapkan diusianya yang ke 7 tahun Tangsel semakin jaya, penduduknya berkembang dengan tingkat ekonomi meningkat. Makum yakin Tangsel sebagai kota berkebang, masyarakatnya bisa memanfaatkan dari berbagai aspek.

“Kota perdagangan dan jasa harus didukung oleh masyarakat yang mampu memanfaatkan peluang,” harapnya.

Bazar UMKM Kecamatan Pondok Aren

Sekda Tangsel Muhamad dalam kesempatan yang sama, mengatakan kegiatan bazar salah satu upaya peningkatan ekonomi kepada masyarakat Tangsel secara luas. Melalui bazar peluang yang diperoleh pedagang semakin besar mendapatkan pemasukan dari dagangan yang mereke jual.

“Ini adalah program kedepan setelah pemerintah membangun infrastruktur selama ini. Prorgram selanjutnya adalah memikirkan bagaimana pengembangan ekonomi kerakyatan,” sebut Muhamad.

Upaya peningkatakan ekonomi kerakyatan akan semakin difokuskan baik kepada Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Langkah yang sudah dimulai pemerintah sebut Muhamad memberikan pelayanan cepat dan tidak memakan biaya, misalkan pembuatan ijin halal, ijin edar.

“Jika ingin mendapatkan ijin edar bisa mengurusnya ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan, termasuk didalamnya mengurus hak paten, halal. Semua ijin yang dibutuhkan itu gratis tidak ada pungutan biaya,” papar Muhamad.

Sementara itu sambung ia, untuk pengembangan pemasaran, manajemen produksi tugasnya ada pada Dinas Koperasi dan UKM. Termasuk sebut Muhamad ada kemudahan tetang permodalan misalkan program sertifikat tanah yang dikerjasamakan dengan Bank Jabar Baten (BJB).

“Jangan pernah takut jika kekurangan modal sudah ada solusinya, datang ke Dinas Koperasi karena disana ada peminjaman permodalan dan pengembangan manajemen usaha,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Warman Syanudin dilokasi menyebutkan kegiatan rangkaian HUT Tangsel ke 7 yang digelar sangat bagus, karena unsur pelaku bisnis ikut dilibatkan.
“Kegiatan ini sangat dalam rangkain HUT Tangsel, berharap akan semakin banyak pelaku usaha di Tangsel,” katanya.(adv)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!