Bintaro dan BSD Kawasan Tertib Lalu Lintas

Diterbitkan  Rabu, 02 / 03 / 2016 11:11 - Berita Ini Sudah :  1061 Dilihat

Bintaro dan BSD Kawasan Tertib Lalu Lintas

BINTARO – Bintaro dan BSD bakal dijadikan percontohan kawasan tertib lalu lintas. Infrastruktur dan fasilitas pendukung di dua wilayah ini dinilai sangat memenuhi syarat untuk mewujudkan program tersebut.

Kapolres Tangsel, AKBP Ayi Supardan menerangkan pembentukan kawasan tertib lalu lintas memang sudah sangat mendesak di tengah padatnya arus kendaraan saat ini. “Kami sedang mencanangkan kawasan tertib lalu lintas di Tangsel. Paling tidak ada dua tempat di antaranya Bintaro dan BSD,” kata Ayi.

Diharapkan dengan kawasan tertib lalu lintas di dua tempat itu akan menjadi percontohan bagi Tangsel terutama di tempat-tempat lain. Alasan dua tempat itu dengan melihat penataan jalan dan pendukung lainya yang memenuhi syarat.

“Harus ada tempat yang menjadi percontohan, makanya kami akan ciptakan kawasan tertib lalu lintas,” sambungnya.

Namun untuk mewujudkan kawasan tertib lalu lintas perlu dukungan dari berbagai pihak, di antaranya Pemkot Tangsel, pengembang BSD dan Bintaro. Polres Tangsel akan melakukan rapat membahas soal kawasan percontohan ini.

Dengan kawasan tertib lalu lintas maka, masyarkat harus patuh terhadap kawasan yang sudah dijadikan percontohan. Dalam berkendara harus melengkapi surat-surat dan perlengkapan kendaraannya. “Namanya tertib lalu lintas maka pengendara harus patuh terhadap aturan yang sudah dibuat. Tidak melanggar rambu yang sudah ditentukan dan wajib berkendara dengan kelengkapannya,” imbuh Kapolres.

Polres Tangsel saat ini sedang rutin menggelar operasi Simpatik Jaya di beberapa titik dari awal bulan ini hingga 21 Maret nanti. “Perlu kami sampaikan saat ini sedang digelar operasi Simpatik Jaya. Di Tangsel akan dilakukan di berbagai tempat secara berpindah-pindah mulai pukul 10-17.00 WIB,” terangnya.

Dalam operasi itu, Polres dibantu jajaran TNI dengan total personel gabungan sebanyak 30 petugas. Ia mengharapkan dengan adanya operasi ini masyarakat lebih peduli lagi untuk mengutamakan keselamatan sehingga mengurangi kecelakaan.

Tentunya harus memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM), kelengkapan helm, surat-surat, jika bawa kendaraan mobil harus menggunakan sabuk pengaman.

“Tentunya dalam operasi ini kami memberikan peringatan bagi pelanggar di jalanan. Bagi kendaraan motor jika berboncengan tiga orang tidak membawa helm pastinya ditindak,” beber Ayi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangsel, Sukanta mengatakan dukungan untuk mewujudkan di Tangsel terdapat kawasan percontohan tertib lalu lintas.

“Sangat setuju kawasan Bintaro dan BSD akan menjadi daerah atau kota percontohan tertib lalu lintas di Kota Tangsel. Semua sarana dan prasarana lalu lintas duah mendukung,” paparnya.

Di Bintaro dan BSD, sarana dan prasarana jalan sudah bisa dinikmati masyarakat. Misalkan saja pendestrian, jalur sepeda dan tempat untuk arena olahraga saat waktu libur. “Misalkan saja pendestrian, jalur pejalan kaki, dan jalur sepeda sudah membentang di kawasan Bintaro dan BSD. Rambu-rambu lalu lintas juga sudah ada semua. Ini secara menejemen lalu lintas dan penataan tertib lalu lintas sudah masuk kriteria, nanti tinggal melangkapi saja,” imbuhnya.

Sukanta pun menyatakan selain dua lokasi itu, kawasan Alam Sutra juga bisa masuk kawasan percontohan. Di sana juga memiliki fasilitas pendukung yang sama, ada Jembatan Penyebrangan Orang (JPO), jalur sepeda, pejalan kaki dan lampu merah serta fasilitas lainya. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!