Penjaringan Bakal Cagub Banten


WH dan Andika Daftar di NasDem

Diterbitkan  Selasa, 15 / 03 / 2016 8:50 - Berita Ini Sudah :  1191 Dilihat

Pilgub Banten 2017

SERANG – Dua anggota DPR RI, Wahidin Halim (WH) dan Andika Hazrumi ikut proses penyaringan dan penjaringan bakal Cagub di DPW Partai NasDem. Mereka telah mengambil formulir pendaftaran oleh utusannya dihari berbeda.

Wakil Sekjen DPP NasDem, Dedi Ramanta, Senin (14/3) menjelaskan, WH telah lebih dulu mengambil formulir pendaftaran sebelum Andika. “Kalau Pak WH sudah mengambil itu ke DPW pada Jumat pekan lalu, kalau Andika tadi siang pukul 13. 00 Wib (kemarin, red),” katanya.

Ia menjelaskan, NasDem memberi kebebasan dan kesempatan kepada siapapun untuk mendaftar meski secara resmi seluruh kader di Banten telah memohon kepada Ketua Umum, Surya Paloh untuk memberikan rekomendasinya kepada Wawan Iriawan.

“Pak Ketua DPW Partai NasDem, Wawan memang pada apel akbar dan konsolidasi partai beberapa waktu lalu sudah di Tangerang agar direstui untuk maju di Pilgub. Tapi tentunya, DPP akan tetap berpijak dalam menentukan Cagub atau Cawagub pada kekuatan survei yang saat ini masih berlangsung. Kami tidak bisa melarang kepada Pak WH atau Andika ikut daftar di NasDem, meskipun keduanya juga ikut panjaringan di PDIP,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah DPW PKS Banten, Sudarman mengaku, pihaknya masih menungu dinamika politik, untuk melakukan koalisi, meskipun secara resmi, DPP telah memberikan restu kepada Mantan Menteri Pertanian, Anton Apriantono sebagai bakal Cagub.

“Kita masih wait and see, untuk melakukan koalisi bangunan permanen,” ungkapnya.

Diakuinya, proses kedepan dalam menjalin komunikasi politik, pihaknya akan berupaya agar partai-partai yang dijajaki PKS melakukan koalisi permanen. “Pak Anton sudah mulai bersoasialisasi, tapi jika dalam perkembangannya nanti ternyata Pak Anton hanya memungkinkan jadi Cawagub, kita akan terima itu, karena tidak semua partai di Banten dapat mengusung sendiri, mereka harus bergabung. Tapi yang jelas kader kami nanti harus maju, baik Cagub atau Cawagub,” ujarnya.

Ketua DPD PDIP Banten, HM Sukira menjelaskan, sudah ada 8 bakal cagub dan cawagub yang sudah mengambil formulir ke PDIP. “Sudah ada 8 yang mendaftar ke PDIP, yakni kang Andika, kang Jaman, Kang Taufik Nuriman, Pak Rano, Pak Mulyadi Jayabaya, Pak WH, Eden Gunawan, Muhamad Zulkarnaen. Nanti 8 nama ini akan diverifikasi, setelah dinyatakan lolos, maka Insya Allah sebelum akhir Maret bisa dikirim ke DPP untuk dipilih oleh ketua umum,” ungkap Sukira.

Dari 8 nama yang sudah mengambil formulir, kata Sukira baru 4 calon yang sudah mengembalikan kembali ke DPD. “Baru 4 yang kembalikan formulir, yaitu Kang Andika, Kang Jaman, Pak Taufik dan Pak JB. Kalo Pak Rano infonya pada akhir-akhir nanti akan kembalikan formulir. Kami masih menunggu,” tuturnya.(rus/bnn)

Komentar Anda

comments