Ada Lomba Baca Puisi Tingkat SMP se-Kabupaten Tangerang


Saung Satra Helat Pertemuan Seniman Tangerang Raya

Diterbitkan  Senin, 04 / 04 / 2016 11:43 - Berita Ini Sudah :  986 Dilihat

Saung Satra Helat Pertemuan Seniman Tangerang Raya

PAKUHAJI – Sebuah perhelatan kebudayaan akan digelar Saung Sastra di Desa Paku Alam, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. Perhelatan itu bertajuk Pertemuan Seniman Tangerang Raya dan Lomba Baca Puisi tingkat SMP se-Kabupaten Tangerang.

Hal itu disampaikan Kepala Suku Saung Sastra, Teteng Jumara, di Saung Sastra di Desa Paku Alam, Kecamatan Pakuhaji, Minggu (3/4) sore. Teteng juga dikenal sebagai penyair sekaligus Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tangerang.

“Dalam acara pertemuan seniman dan lomba baca puisi itu, nanti akan digelar berbagai kegiatan kebudayaan, seperti bincang sastra, bedah karya, pebacaan puisi dan penampilan komunitas kesenian,” katanya.

Menurut Teteng, kegiatan seperti ini jarang sekali digelar di Kabupaten Tangerang. Karena itu, Saung Sastra diharapkan bisa menggelar kegiatan-kegiatan seperti ini secara rutin dan berkesinambungan.

“Setelah kegiatan ini sukses, Saung Sastra akan menggelar kembali kegiatan yang serupa, misalnya nanti aka nada drama kolosal yang mengangkat tentang budaya lokal Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Agus Soni Sobari yang didaulat sebagai Ketua Panitia mengatakan saat ini sudah dibentuk struktur kepanitiaan yang bertugas mempersiapkan acara tersebut agar berjalan lancar dan sukses.

Menurut Agus, perhelatan kebudayaan ini dipastikan akan sangat ramai dan semarak karena akan melibatkan ratusan seniman dan guru-guru se-Kabupaten Tangerang dan peserta lomba.

“Untuk lomba baca puisi dan pertunjukan kesenian akan digelar di tengah-tengah kolam. Di tengah kolam itu nanti akan disediakan panggung, sehingga lomba dan pertunjukan akan lebih menarik,” kata Agus, yang juga Kepala SMPN 3 Pasar Kemis.

Rini Intami, seorang penulis nasional yang tinggal di Kabupaten Tangerang sekaligus sebagai anggota panitia, kegiatan ini bertujuan menghidupkan dan mengembangkan sastra di Kabupaten Tangerang.

Namun selain itu juga bertujuan untuk menghidupkan Saung Sastra. “Kegiatan ini sebetulnya sudah direncanakan cukup lama. Namun karena kesibukan anggotanya acara ini jadi tersendat,” ujarnya.

Namun untuk kali ini lanjut dia, diharapkan Pertemuan Seniman dan Lomba Baca Puisi ini bisa dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang yang dirangkai dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.(bud)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!