Beda Infrastruktur Antara Komisi dan Pansus


Ketika DPRD Kota Tangsel dan Purworejo Diskusi Soal RPJMD

Diterbitkan  Sabtu, 23 / 07 / 2016 1:33 - Berita Ini Sudah :  1095 Dilihat

TERIMA. Anggota DPRD Kota Tangsel, Rizky Jonis (kanan) menerima kunjungan anggota dewan dari kabupaten Purworejo,Jawa Tengah, Kemarin.

TERIMA. Anggota DPRD Kota Tangsel, Rizky Jonis (kanan) menerima kunjungan anggota dewan dari kabupaten Purworejo,Jawa Tengah, Kemarin.

Kantor DPRD Kota Tangsel di Gedung Ifa, Serpong, kemarin, didatangi tamu istimewa. Para tamu itu merupakan anggota dewan dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Mereka saling berbagi soal pembahasan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) masing-masing.

IDRAL MAHDI-Serpong

Belasan anggota DPRD Kabupaten Purworejo itu langsung diterima anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel, Rizky Jonis sesampainya di Gedung Ifa. Oborlan hangat mengalir di antara para wakil rakyat itu.

Ketua Pansus Raperda RPJMD DPRD Kabupaten Purworejo, Tri Edi Purwanto langsung membuka diskusi dengan menjelaskan pembahasan RPJMD 2016-2021 yang sedang berjalan.

“Kita sedang melakukan pambahasan RPJMD, makanya kita melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah termasuk ke Kota Tangsel untuk melihat proses pembahasan RPJMD yang juga mulai membahasnya,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan melakukan kunker tersebut maka nantinya akan dilihat juga seperti apa mekanisme pembahasan RPJMD yang dilakukan di Kota Tangsel. “Kita juga ingin mengetahui seperti apa mekanisme pembahasannya dan ini yang kita diskusi dalam kunjungan kerja,” paparnya.

Rizky Jonis mengatakan pembahasan soal RPJMD itu sangat tepat karena DPRD Tangsel saat ini baru mulai melakukan pembahasan. “Kedatangan DPRD Kabupaten Purworejo tadi berdiskusi soal RPJMD, dan kebetulan Tangsel juga baru memulai pembahasan RPJMD, setelah tadi (kemarin, red) Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie memaparkan RPJMD ke dewan,” tuturnya.

Namun menurutnya, ada sedikit mekanisme yang berbeda antar kedua lembaga legislatif tersebut. Dimana menurut Rizky, jika DPRD Kabupayen Purworejo membentuk Pansus dalam membahas RPJMD, sedangkan di DPRD Tangsel melakukan pembahasan per komisi yang ada.

“Mekanisme secara umumnya sama, tetapi yang beda yaitu infrasturktunya saja. Kalau mereka membentuk Pansus, kalau kita dibahas per Komisi di DPRD Tangse agar pembahasan yang kita lakukan lebih fokus sesuai dengan tupoksi masing-masing komisi,” ujarnya.

Misalnya saja lanjut Rizki, mengenai RPJMD yang menyangkut bidang pembangunan akan dibahas secara detail oleh Komisi IV yang membidangi pembangunan.

“Tetapi dengan adanya kunjungan kerja ini, kita juga bisa mengetahui sejauh mana pembahasan RPJMD yang dilakukan oleh DPRD Kabupaten Purworejo, karena mereka sudah berjalan, sedangkan di Tangsel baru akan dimulai,” paparnya. (*)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!