Kejurnas Layar 2016


Atlet PON Segel Perunggu

Diterbitkan  Selasa, 30 / 08 / 2016 13:08 - Berita Ini Sudah :  997 Dilihat

 

foto layar

SERANG – Pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) layar yang berlangsung di Pantai Balongan Indah, Indramayu, Jawa Barat, pada 26-28 Agustus, atlet Pekan Olahraga Nasional PON) XIX Banten sukses meraih medali. Mereka mampu mengamankan satu keping perunggu.

Dari data yang berhasil didapat Tangsel Pos, medali perunggu diraih pasangan Rizky Maulida Rachim/Farah Diba yang tampil di nomor international 470 putri. Sementara dua atlet Banten lainnya Nauval Arsa dan Bayu Prassetya hanya menampati posisi keenam di kategori yang sama dibagian putra.

Hasil yang diraih keduanya terbilang cukup bagus mengingat, nomor internasional 470 bukan nomor spesialis keempat atlet layar Banten tersebut. Dua pasangan ini biasa tampil di nomor internasional 420. Bahkan Rizky dan Farah merupakan juara nomor international 429 pada kualifikasi PON XIX yang digelar tahun 2015 lalu.

“Mereka memang kami paksakan main di 470, bukan dinomor spesialisasinya, karena kami ingin mereka menimba ilmu di nomor tersebut. Itu mengingat di nomor ini atlet yang tampil adalah atlet senior yang memiliki kematangan dalam hal teknik dan taktik,” papar Asep Yusuf Syahril, Ketua Pengprov Porlasi Banten.

Selain itu, hasil yang diraih dinilai memuaskan lantaran atlet layar Banten menggunakan peralatan tua dibanding lawan-lawannya. Dengan peralatan yang seadanya, laju perahu pun tidak maksimal.

“Dapat peringkat ketiga itu sudah membuktikan kesiapan Rizky dan Farah untuk bisa meraih yang terbaik di kelas spesialisasinya. Pengalaman tampil di kelas ini jadi modal berharga buat mereka,” ucap Asep.

Diakui Asep nomor international 420 memang menjadi andalan Banten untuk bisa menyumbang medali emas. Bukan saja di kategori putri tapi juga di bagian putra. “Tapi kami juga punya andalan lain di nomor RSX atas nama Ratiah, kami harap semua bisa menyumbang medali di PON nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Banten, Brigjen Pol (Purn) Rumiah Karteredjo menyampaikan, hasil yang didapat pada event-event ini, jangan dijadikan tolok ukur. Soalnya, target yang sesungguhnya ada di PON XIX.(ava)

Komentar Anda

comments