7 Kecamatan Ikuti 18 Cabang Olahraga Diperlombakan


Maskot Porkot Resmi Launching

Diterbitkan  Rabu, 28 / 09 / 2016 10:28 - Berita Ini Sudah :  1222 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

ILUSTRASI (NET)

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangerang Selatan kali pertamanya menggelar Pekan Olahraga Kota (Porkot) pada (15-20/10). Sebanyak 18 Cabang olahraga (Cabor) akan dipertandingkan di Kecamatan Serpong Utara.

Launching Porkot berlangsung Selasa (27/9/) di Resto Telaga Seafood, Serpong yang dihadiri para pengurus Cabor, perwakilan 7 kecamatan se-Kota Tangerang Selatan. Acara empat tahunan ini kali pertama akan digelar di kota bermotto cerdas, modern dan religius.

Ketua KONI Kota Tangerang Selatan Hj Rita Juwita mengutarakan, tujuan dari menyelenggarakan Porkot adalah untuk menjaring bibit-bibit baru para atlet yang ada di setiap kecamatan.

Hasil dari Porkot akan diikut sertakan dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 di Kota Tangerang. “Nanti juara Porkot akan diikut sertakan dalam ajang Porprov. Sedangkan juara Porprov diikut sertakan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON),” katanya.

Dengan hadirnya ajang kompetisi tingkat Kota Tangerang Selatan, pihaknya akan mengetahui kekuatan atlet di wilayah masing-masing sesuai domisili. Peran serta kecamatan sangat penting dalam keterlibatan terlaksananya Porkot, maka KONI Kecamatan aktif mengkoordinasikan.

“Baru Kecamatan Pamulang yang sudah membentuk KONI. Sedangkan kecamatan lain akan menyusul. Lahirnya KONI kecamatan akan mempermudahkan kepesertaan dari masing-masing Cabor,” tambahnya.

Ada 18 Cabor yang akan diperlombakan, diantaranya atletik, balap motor, balap sepeda, renang, sepatu roda, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, catur, dayung, karate, pajat tebing, tinju dan muangtai.

Masing-masing kecamatan harus mengirimkan perwakilan dari 18 Cabor sementara semua venue dari masing-masing Cabor semuanya ada di Tangsel.

“Semua venue sudah siap untuk pelaksanaan Porkot nanti dan kesiapan panitia pun saat ini cukup matang. Soal kemungkinan kekuranganya apa ini menjadi bahan evaluasi untuk selanjutnya, karena ini baru kali pertama,” imbuh Hj Rita.

Penentuan tempat diselenggarakannya Porkot, berdasarkan undian saat pelaksanaan launching. Sedangkan untuk menentukan tempat pada tahun berikutnya, akan diundi pada saat penyelenggaraan Porkot di Kecamatan Serpong Utara.

Sementara itu, maskot Porkot berlambangkan lebah. Lebah memiliki filosofi sebagai penghasil madu yang dapat dirasakan oleh kehidupan manusia. Lebah juga penghasil saripati dari bunga dengan harapan Porkot mampu mencari kandidat atlet profesional dan handal.

“Itulah mengapa masot Porkot Lebah, karena memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita ini. Ada logo angka satu maknanya penyelenggaraan pertama, bunga anggrek memperkenalkan ikon Kota Tangerang Selatan.

Ada lambang obor, itu melambangkan kobaran semangat, sedangkan lingkaran besar sebagai pemersatu di tujuh kecamatan,” ia merinci lebih jauh.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Selatan, Chaerudin hadir mewakili Walikota Tangerang Selatan sekaligus meresmikian dibukannya Porkot ke-1. Pemerintah mendukung penuh penyelenggaraan Porkot di Kecamatan Serpong Utara.

“Kami dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan mendukung penuh terselanggarannya olahraga tingkat kota ini. Kami juga akan melakukan koordinasi dengan Kecamatan Serpong Utara dalam penyiapan tempat,” imbuhnya.

Tempat di Serpong Utara, menurutnya, cukup representatif lantaran ada Arhanud dan Kavaleri yang dapat mendukung pelaksanaan Porkot. Namun demikian, pihaknya akan melakukan komunikasi agar dapat berjalan lancar. (*)

Komentar Anda

comments