Balapan Liar dan Curanmor Marak

Diterbitkan  Senin, 14 / 11 / 2016 2:22 - Berita Ini Sudah :  499 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

ILUSTRASI (NET)

CILEGON – Mapolres Cilegon menggelar razia kendaraan di tiga titik, Kawasan Bonakarta, Krakatau Junction dan di Jalan Raya Cilegon – Anyar, Kecamatan Ciwandan. Razia tersebut dilakukan menyusul banyaknya laporan terkait maraknya curanmor dan balapan liar di kota baja tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, razia tersebut dilakukan sekira pukul 00.00 WIB, Minggu (13/11) dini hari. Tak hanya kendaraan roda dua, beberapa kendaraan roda empat juga di periksa.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Cilegon, AKP Rifki Seftrian mengatakan, operasi yang dilangsungkan merupakan operasi cipta kondisi guna menekan kejahatan di jalanan yang terjadi di Cilegon. Seluruh kendaraan yang terjaring dalam operasi tersebut diperiksa satu persatu.

“Yang kita periksa sasarannya kendaraan bermotor, surat-surat kelengkapan khususnya kendaraan roda dua. Karena baru saja terjadi juga, kejadian kehilangan motor.

Makanya kita fokus dengan pemeriksaan kendaraan roda dua, baik kelengkapan dalam mengendari motor, sekaligus mengecek surat-surat kepemilikan bermotor,” ungkapnya.

Kasat mengurai, operasi tersebut sekaligus juga memberantas perilaku balapan liar yang kerap terjadi di Kota Cilegon khususnya di akhir pekan. Tak hanya itu, keberadaan balap liar juga sudah mengganggu para pengguna jalan lain.

“Ini salah satu bentuk antisipasi kami, karena tujuan mereka untuk biasanya kalau melakukan balapan liar, mereka pada kumpul. Nah ini upaya kita untuk memecah berkumpulnya orang-orang yang mau balapan liar, kita pecah di tiga area, di Ciwandan, KJ dan wilayah kota,” tuturnya.

Kasat menjelaskan, hampir 100 personil diterjunkan Polres Cilegon dalam kegiatan di tiga titik di Cilegon. Tidak hanya pengendara roda dua, tetapi kendaraan roda empat yang melintas juga turut dirazia.

“Roda empat juga ada yang kita periksa, kalau ada barang-barang yang tidak sesuai, baik misalnya senjata tajam, minuman keras, itu langsung kita amankan,” tuturnya.
Ia berharap dengan razia ini, pengendara juga dapat meningkat kesadaran dalam berlalu lintas.

Salah satunya, kata Kasat, mematuhi dan tertib berlalu lintas sekaligus berimplikasi pada upaya pihaknya menekan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi.

“Kita melakukan ini, sebagai bentuk juga meminimalisir angka kecelakaan. Artinya, pengendara dengan menggunakan kelengkapan saat berkendara, kecelakaan dapat terhidari,” tuturnya.

Sementara salah satu pengendara motor, Sudiro yang turut terjaring diperiksa mengaku mengapresiasi langkap kepolisian untuk mengecek kelengkapan kendaraan saat pengendara melintas di Cilegon. Ia berharap, razia tersebut dapat menjaring pelaku balapan liar yang kerap meresahkan para pengguna jalan.

“Saya baru saja pulang kerja. Semua surat saya yang diperiksa lengkap dari SIM dan STNK. Mudah-mudahan pengendara yang balapan liar di jalan protokol juga terjaring dalam operasi ini, biar mereka sadar kalau ulah mereka merugikan kita yang lain,” tuturnya. (NAL/ZAL)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!