Andika Rasakan Kerukunan Umat Beragama di Serang

Diterbitkan  Kamis, 17 / 11 / 2016 0:50 - Berita Ini Sudah :  824 Dilihat

RUKUN. Andika bersama pengurus HKBP Banten di kediaman tokoh masyarakat Batak, Parlin Sihombing di Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Kota Serang.

RUKUN. Andika bersama pengurus HKBP Banten di kediaman tokoh masyarakat Batak, Parlin Sihombing di Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Kota Serang.

SERANG-Kerukunan umat beragama nampak dan terasa dalam momen kunjungan Calon Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy di rumah Parlin Sihombing, salah satu tokoh masyarakat di Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Saat Andika datang pada waktu magrib, tuan rumah yang beragama Kristen Protestan langsung mengizinkan Andika untuk terlebih dahulu melaksanakan salat.

Andika tiba di kediaman Parlin sekira pukul 18.10, selepas adzan magrib, Rabu (16/11). Andika dijadwalkan bersilaturahmi dengan warga Kelurahan Sumur Pecung dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Provinsi Banten.

Karena kunjungan tepat waktu magrib, Parlin pun mempersilakan dan menyediakan tempat salat untuk Andika.

Selepas itu, Andika melakukan silaturahmi dan berbincang dengan sekira delapan pendeta HKBP. “Saya merasakan langsung kerukunan umat beragama. Kerukunan dan kebersamaan ini merupakan anugerah yang harus kita syukuri. Kebersamaan ini pula yang membuat Banten dan bangsa ini semakin maju,” kata Andika kepada wartawan.

Andika menilai, siapa pun sebagai warga negara yang bernaung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak boleh saling menistakan agama.

“Kenikmatan hidup itu ketika kita mampu berdiri dan bersama dalam perbedaan, baik agama maupun ras. Setiap dari kita tentu punya potensi untuk memberikan sumbangsih untuk pembangunan Banten,” ujarnya.

Putra mantan gubernur Ratu Atut Chosiyah kemudian mengajak HKBP di Banten untuk terus memelihara kerukunan umat beragama dan bersama-sama memberikan sumbangsih apa pun untuk pembangunan Banten.

“Kami yakin, jika semua umat beragama saling menghormati dan saling menghargai, kehidupan masyarakat akan aman dan damai. Dan itu, merupakan kenikmatan hidup di negara demokrasi,” terangnya.

Andika bersama calon gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berkomitmen untuk menjaga kerukunan umat beragama. “Pemerintah daerah harus memfasilitasi semua umat beragama dan menjaga kenyamaan dalam beribadah,” tegasnya.

Suasana kerukunan umat beragama semakin terasa ketika terdengar suara adzan isya.Tokoh HKBP mendadak menghentikan diskusi saat dirinya menyampaikan pandangan tentang Banten. Semua terdiam dan mendengarkan suara adzan hingga selesai.

Tokoh Masyarakat Batak, Parlin Sihombing menceritakan kerukunan beragama yang selama ini terjalin antara masyarakat Banten dengan masyarakat Batak. Ia mengungkapkan, bahwa toleransi beragama khususnya bagi HKBP sudah mendarah daging.

“Kapan pun dan di mana pun, masyarakat harus mengutamakan kerukunan antar umat beragama. Kerukunan umat beragama sudah menjadi budaya kita, untuk saling menghargai, khususnya untuk kami masyarakat Batak,” terangnya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri sejumlah pendeta HKBP Banten tersebut, Parlin menceritakan kisah pertemuan pertamanya dengan kakek dari Andika, almarhum Tb Chasan Sochib. Pada pertemuan tersebut ia merasakan kebersamaan dalam kerukunan antara umat Kristen dan umat Islam.

Padahal pada era tersebut perselisihan kerap terjadi antar umat beragama seperti peristiwa Ambon. “Ketika itu bingung harus mengadu dengan siapa, saya bertemu beliau (almarhum Tb Hasan Sochib) dan mengajak kami untuk bersatu untuk menyatukan Banten dalam keberagaman,” ujarnya.(yul)

Komentar Anda

comments