SPIRIT TINGGI


Indonesia Vs Filipina

Diterbitkan  Selasa, 22 / 11 / 2016 9:31 - Berita Ini Sudah :  1404 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

ILUSTRASI (NET)

Setelah kalah dari Thailand dengan skor 4-2 pada laga pertama di Piala AFF 2016, Timnas Indonesia tidak punya pilihan selain menang pada laga kedua melawan Filipina di Philippine Sport Stadium, Bocaue, Bolacan, Selasa (22/11) malam ini WIB.

Hanya kemenangan yang bisa membuka jalan Indonesia lolos ke babak selanjutnya. Jika hanya mampu meraih hasil imbang, peluang memang belum tertutup, tapi akan terlalu riskan dan bergantung hasil pertandingan tim lain.

Filipina memang punya modal yang cukup baik sebagai tuan rumah. Mereka juga punya kepercayaan diri bagus karena berada di level yang lebih baik di rangking FIFA. Apalagi tuan rumah punya kenangan bagus mengalahkan Indonesia di Piala AFF 2014 silam.

Namun, Indonesia tak boleh rendah diri sebelum bertanding. Berkaca pada laga melawan Thailand, meski kalah tim asuhan Alfred Riedl ini punya potensi yang bagus. Terutama di lini serang. Boaz Salossa dkk telah memberikan bukti dengan mencetak dua gol.

Hanya saja, pertahanan Indonesia harus lebih rapat lagi jika ingin mengamankan tiga poin. Tapi, tak banyak pilihan yang tersedia di belakang. Praktis, Riedl hanya bisa berharap Yanto Basna dan Fachrudin semakin solid dan meminimalisir kesalahan yang tidak penting.

Riedl juga tidak akan melakukan banyak perombakan susunan pemain di lini serang. Rizky Pora dan Andik Vermansyah tetap jadi andalan di sektor sayap. Duet Boaz Salossa dan Lerby Eliandry juga layak untuk dipertahankan. Khusus Lerby kini ia punya kepercayaan diri yang bagus usai mencetak gol.

Perubahan mungkin akan dilakukan untuk memberikan tempat bagi Evan Dimas Darmono. Hanya saja, Riedl harus berpikir ulang jika ingin menarik Bayu Pradana dan memasukkan Evan. Pasalnya, keduanya punya karakter berbeda. Evan gelandang serang dan Bayu gelandang bertahan.

Filipina masih mengandalkan para pemain naturalisasinya. Mike Ott, Manuel Ott dan Phill Younghusband masih jadi andalan. Peran mereka cukup menonjol saat laga melawan Singapura. Namun, kerja sama di antara para pemain Filipina pada laga yang berakhir imbang 0-0 ini tak berjalan apik.

Bek kanan Timnas Indonesia, Yanto Basna bertekad Garuda mampu mengalahkan Filipina. Dia berharap dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar bisa meraih kemenangan.

Menurut Basna, kondisi timnya saat ini sedang on fire. Dia pun optimistis skuad Garuda mampu mencuri poin penuh dari tuan rumah, Filipina.

“Kami harus menang di laga lawan Filipina,” ujar Basna di Novotel Manila Araneta Center, Quezon City, Senin (21/11).

Kondisi tim dalam keadaan bagus dan tidak masalah. “Kami semua punya semangat dan tekad kuat meraih tiga angka besok (hari ini,red),” tambah pemain Persipura Jayapura ini.

Pada laga sebelumnya, Timnas Indonesia dibantai Thailand, 4-2. Kekalahan itu membuat Indonesia berada di dasar klasemen grup A Piala AFF 2016.

Oleh karena itu, Basna tak mau lagi terpuruk dalam kekalahan tersebut. Untuk menjaga asa lolos dari fase grup, timnas harus bisa mendapatkan poin.

“Mohon doa dan dukungannya kepada kami semua. Kami harus lebih fokus lagi dan jangan lengah lawan Filipina,” tutupnya.(ava/net)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!