Diduga akibat Cuaca Ekstrim


Roboh, Kanopi Terminal Menimpa 9 Bus

Diterbitkan  Selasa, 22 / 11 / 2016 10:15 - Berita Ini Sudah :  549 Dilihat

KANOPI ROBOH Salah satu kanopi di Terminal Terpadu Merak, Cilegon, Roboh, Senin (21/11). Diduga lantaran hujan deras, talang di kanopi tersebut tidak kuat menahan air hujan sehingga roboh, akibatnya 6 bis yang ada di lokasi mengalami kerusakan.

KANOPI ROBOH. Salah satu kanopi di Terminal Terpadu Merak, Cilegon, Roboh, Senin (21/11). Diduga lantaran hujan deras, talang di kanopi tersebut tidak kuat menahan air hujan sehingga roboh, akibatnya 6 bis yang ada di lokasi mengalami kerusakan.

CILEGON – Salah satu kanopi gedung utama di Terminal Terpadu Merak (TTM) Kota Cilegon roboh ketika hujan deras menerjang, Senin (21/11).
Kanopi yang terbuat dari seng almunium itu roboh dan menimpa bus yang tengah parkir di lokasi tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sekiranya 6 dari 9 bus yang tengah parkir mengalami kerusakan.

Berdasarkan informasi, peristiwa terjadi pukul 10.25 WIB. Ketika itu, cuaca ekstrim yang disertai angin kencang mengguyur terminal penumpang diujung Pulau Jawa bagian barat itu.

Diduga, talang air yang melekat di kanopi berbahan spandek tersebut, tidak kuat menampung volume air hujan. Akibatnya, kawat seling kanopi berukuran kurang lebih panjang 95 meter dan lebar 5 meter yang digunakan untuk mengikat kanopi putus dan membuat kanopi roboh.

“Saya juga tadinya markir motor di situ, tapi langsung saya mundurin. Itu sih kayanya karena kanopinya pakai talang air, jadi air hujan numpuk tapi kawat selingnya tidak kuat nahan berat. Jika itu tanpa palang, mungkin tidak akan rubuh,” ungkap salah satu pedagang di TTM, Abdulrahman.

Hal yang sama dikatakan pedagang lainnya, Wati. Ia mengatakan, pelaksana pekerjaan proyek tersebut dinilai terkesan dikejar oleh target masa pengerjaan proyek. Apalagi, pengerjaan kerap dilakukan hingga malam hari.

“Ini juga dikejar-kejar pengerjaannya, karena ditarget harus selesai tanggal sekian. Pengerjaannya juga sampai dini hari masih berjalan. Kira-kira ini baru selesai 10 hari lalu,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Pulomerak Kompol Kamarul Wahyudi yang dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Mendapat laporan itu, pihaknya langsung melakukan olah tempat kejadian perkara sekaligus. Untuk menindaklanjuti langkah penyelidikan awal, kata Kamarul, pihaknya langsung memeriksa sejumlah saksi-saksi.

“Tadi kami mendapat laporan dari masyarakat dan langsung kami tanggapi ke lokasi kejadian dan melakukan olah TKP. Saat ini juga, kami sedang memeriksa sejumlah saksi mata dalam peristiwa itu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon Dana Sujaksani mengatakan proyek pekerjaan kanopi tersebut merupakan proyek Kementerian Perhubungan RI yang dianggaran dari APBN 2016.

Dana menyatakan, tak hanya pembangunan proyek itu saja, namun Kemenhub juga memiliki porsi melakukan pembangunan proyek di TTM dan hingga saat ini masih ada yang dalam proses pengerjaan.

“Kanopi itu salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh Kementerian, itu menggunakan APBN 2016 yang akan selesai Desember nanti. Ini juga masih jalan pengerjaan dan belum diserahterimakan ke Pemkot. Anggarannya saya lupa berapa itu.

Hanya itemnya pengerjaannya termasuk kanopi itu, terus ada juga yang granit di lantai 2, koridor penghubung di lantai dua dan beberapa item lain,” tandasnya.

Dana menyatakan, atas insiden itu pihaknya akan meminta pihak kontraktor proyek untuk segera melakukan perbaikan. Selain itu, pihaknya juga akan mempertemukan kontraktor dengan para pengelola bus AKAP, yang tertimpa reruntuhan kanopi untuk proses penyelesaian kerusakan yang ditimbulkan.

“Bus-bus yang ketimpa pastikan minta ganti rugi, nanti kami akan pertemukan dengan kontraktor. Karena kami kan hanya ketempatan saja, kan belum diserahterimakan ke kami. Jika sudah diserahterima, itu baru jadi tanggung jawab kami,” terangnya.(nal/bnn)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!