Dinsos Gerak Cepat

Diterbitkan  Rabu, 07 / 12 / 2016 11:02 - Berita Ini Sudah :  928 Dilihat

LONGSOR. Suasana evakuasi korban longsor di pertambangan hutan Blok Cikopo Desa Citorek timur Kecamatan Cikotok/Cibeber. Dilaporkan 6 orang tewas, tiga kritis dan 2 selamat, Selasa (06/12)

LONGSOR. Suasana evakuasi korban longsor di pertambangan hutan Blok Cikopo Desa Citorek timur Kecamatan Cikotok/Cibeber. Dilaporkan 6 orang tewas, tiga kritis dan 2 selamat, Selasa (06/12)

SERANG– Dinsos Banten langsung bereaksi menyusul longsor yang memakan korban di Desa Cikatomas, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak pada Senin, 5 Desember lalu.

Kepala Dinsos Banten, Ino S Rawita, Selasa (6/12) mengatakan, setelah mendapatkan laporan terkait kejadian longsor tersebut, pihaknya langsung mengirimkan tim relawan dengan membawa sejumlah bantuan untuk membantu meringankan beban bagi korban longsor.

Sejumlah bantuan yang dikirimkan tersebut berupa beras 270 kilogram, matras 30 lembar, tenda gulung 15 lembar, serta kebutuhan pokok dan selimut 30 lembar. ”Untuk bantuan fisik bangunan masih dalam inventarisasi. Nanti haslinya akan disampaikan kepada dinas terkait untuk bisa dibantu,” jelas Ino, kemarin.

Ia mengatakan, musibah longsor itu terjadi karena hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir, serta kondisi bangunan rumah warga yang berada di tebing yang memang rawan longsor.

“Nanti untuk bantuan perbaikan rumah juga akan diberikan. Tapi masih nunggu inventarisasi di lapangan,” ujarnya.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Lebak mengakibatkan tanah longsor dan meruntuhkan dua bangunan rumah milik Muchtar (54) dan Sanan (45) warga kampung Cikatomas II, Desa Cikatomas, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak.

Longsor dan menyebabkan ambruknya dua bangunan rumah itu terjadi pada Senin (5/12) sekitar pukul 13.15 WIB. Menurut Ino, bencana longsor juga terjadi di beberapa titik di Kecamatam Cilograng, Lebak di antaranya di Desa Cikatomas mengakibatkan lima rumah, dua di antaranya rusak berat dan tiga rumah rusak ringan.

Longsor juga menelan dua korban meningga dunia, dua orang luka berat dan kerugian harta benda terdiri dari dua unit kendaraan roda empat dan tiga roda dua.

Selain itu, longsor juga terjadi di Desa Cijengkol mengakibatkan lima rumah rusak sedang, di Desa Cikamunding delapan rumah rusak. Musibah longsor tersebut sudah mendapat penanganan dari Dinsos Banten, Dinsos dan BPBD Lebak. Hujan juga menyebabkan banjir di sejumlah lokasi di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.(rus/igo/bnn)

Komentar Anda

comments