Pembinaan Pengembangan Wirausaha Koperasi

Diterbitkan  Jumat, 09 / 12 / 2016 11:37 - Berita Ini Sudah :  944 Dilihat

Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangerang Selatan Warman Syanudin nemerima cenderamata dari pengurus Koperasi Al Jibal.

Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangerang Selatan Warman Syanudin nemerima cenderamata dari pengurus Koperasi Al Jibal.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop dan UKM) Kota Tangerang Selatan secara terus menerus melakukan program keberlanjutan pengembangan koperasi. Pengembangan koperasi bertujuan memaksimalkan peran anggota dan pengurus.

Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangerang Selatan Warman Syanudin mengungkapkan program ini telah berjalan dan akan terus melangkah kedepan. Dinkop dan UKM Kota Tangerang Selatan terus mendorong untuk melakukan pembinaan bagi pengembangan wirausaha koperasi agar terus melaju dengan pesat.

“Koperasi Al Jibal telah berjalan sejak lama dengan jumlah anggota diperkirakan mencapai delapan ratus orang. Omsetnya pertahun pun mencapai satu miliar lebih, ini yang kami akan terus bina agar semakin berkembang,” katanya.

Melalui koperasi yang memiliki prokduktifitas tinggi maka potensinya semakin berkembang pesat pula baik bertambahnya anggota, serta hasil daripada produk-produk karya anggota yang ada termasuk juga pengurus. Produk-produk yang dihasilkan bagian dari implementasi keberadaan koperasi.

“Koperasi adalah wadah untuk berkumpul bersama, bersilaturahim yang dapat memperbanyak mitra bisnis. Masing-masing individu biasanya memiliki keahlian dalam satu bidang maka di situlah dapat dimanfaatkan untuk saling bekerjasama,” tambahnya.

Keahlian itu berupa profesi ataupun produk yang dikembangkan dari masing-masing anggota koperasi. Dengan adanya koperasi mereka dapat memasarkan dari lingkup yang kecil hingga yang besar. Sangat bermanfaat hadirnya koperasi di tengah masyarakat yang mampu mengentaskan ekonomi secara optimal.

“Manfaat koperasi sudah terbukti mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah-tengah masyarakat. Maka jika masyarakat belum tergabung di salah satu koperasi sebaiknya bergabung saja karena manfaatnya amat dirasakan sekali,” tuturnya.

Warman pun menginatkan agar Koperasi Al Jibal dapat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) lebih awal, paling tidak Januari. RAT bagian dari kewajiban koperasi melaporkan omset selama satu tahun kepada para anggota, laporan itu pun harus diserahkan kepada Dinkop dan UKM Kota Tangerang Selatan.

“Sebagai pengurus dan pengawas setiap tahun harus melaporkan pelaksanaan kegiatan. Mudah-mudahan awal Januari bisa dilaksanakan agar naik peringkat,” ia mengharapkan.

Asisten Daerah II, Bidang Ekonomi Pembangunan Sekertariat Daerah Kota Tangerang Selatan Dedi Budiawan saat itu juga hadir mengharapkan baik anggota serta pengurus dan masyarakat yang belum bergabung benar-benar memanfaatkan koperasi. Koperasi berpeluang besar menjadi penyebar produk sekala besar.

“Koperasi ini merupakan peluang ekonomi besar. Kopersi kita bisa mendunia. Semoga meningkatkan mutu bersiang di pasar bebas Asean. Terutama harus cinta produk Indonesia,” papar Budiawan.

Budiawan meminta koperasi mampu mengalahkan ritel yang menjamur di Tangsel. tentunya harus mengedepankan kualitas yang baik agar dipercaya dan digunakan secara terus menerus. Pemerintah Kota Tangerang Selatan secara serius telah menyetop rekomendasi pendirian ritel.

“Rekomendasi pendirian ritel telah kami stop jadi tidak ada lagi ritel baru yang berdiri. Namun untuk pendirian koperasi kami persilahkan sebanyak-banyaknya,” tukas Budiawan.
Dalam acara itu, dihadiri oleh para anggota yang diperkirakan mencapai ratusan orang.

Di sela-sela acara Dedi Budiawan serta Warman Syanudin meresmikan galeri Koperasi Al Jibal dengan mendisplay lebih dari lima puluh produk.

Produk yang dipajang seperti makana siap saji, sabun herbal dan baju. Sasarannya selain masyarakat umum para anggota juga diharapkan bisa menggunakan produk yang ada. Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Tangerang Selatan, Dudung E Diredja, Camat Ciputat Timur Durahman.

Selain pemotongan pita sebagai simbol telah diresmikan galeri dilengkapi prosesi pemotongan tumpeng. Para tamu undangan pun dipersilankan meninjau produk yang di dispay di ruangan termasuk pada pengurus Koperasi Al Jibal. Hadir juga ketua Koperasi Al Jibal, H Muhammad Fajri. (adv).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!