Pejabat Tidak Berintegritas Pasti Digeser

Diterbitkan  Selasa, 17 / 01 / 2017 10:47 - Berita Ini Sudah :  640 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

SERANG – Pejabat eselon II hingga IV yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang di tuntut untuk bisa bekerja maksimal dan membuktikan integritas diri. Jika hal itu tidak bisa dilakukan, maka mereka terancam digeser, bahkan diturunkan pangkatnya.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, akan melakukan penilaian terhadap sejumlah pejabat yang sudah dilantik. Penilaian akan dilakukan per semester tahun anggaran. Hal itu dilakukan, untuk mengukur kinerja dan disiplin para pejabat dalam melaksanakan tugas.

“Kita akan evaluasi enam bulan sekali,” ujar Pandji saat menghadiri sertijab pejabat eslon III di Aula TB Swandi Pemkab Serang, Senin (16/1).

Kata Pandji hasil evaluasi, menjadi referensi utama dalam melakukan penilaian terhadap pejabat. Dimana pejabat yang tidak bisa menjalankan tugas dengan baik harus rela dipindahkan pada jabatan lain berdasarkan kategori penyesuaian. “Jika memang tidak cocok pada jabatan itu, kita akan posisikan yang lebih pas,” tegasnya.

Pandji menyebutkan, beberapa hal yang menjadi penilaian yakni tingkat kehadiran, hasil pekerjaan selama tugas pada jabatan itu sendiri. Pandji menegaskan, penilaian dan penyesuaian kembali jabatan dipastikan berlaku dan akan terjadi. “Penempatan jabatan itu berangkat dari kepercayaan,” ujarnya dengan nada rendah.

Maka dari itu, Pandji mengingatkan pada semua pejabat, untuk tidak menyia-nyiakan nilai kepercayaan dalam menempatkan jabatan. Sebab penempatan jabatan, lanjutnya, bukan persoalan yang mudah dilakukan. “Saya minta kepada mereka (pejabat, red) yang menempati jabatan baru, jangan sia-siakan kepercayaan ini (penempatan jabatan, red),” harapnya.

Selain itu, Pandji juga memerintahkan pada semua pejabat, mulai mengerjakan program kerja yang sudah ditetapkan pada APBD Kabupaten Serang. Terlepas dari itu, untuk pejabat yang menempati posisi yang baru segera menyesuaikan dengan tugasnya. “Mulai hari ini (kemarin, red), para pejabat harus sudah mulai bekerja cepat,” pintanya.

Terkait dengan sertijab jabatan pejabat eselon III, Kepala Bidang Pengembangan Karir pada BKPSDM Kabupaten Serang Surtaman menjelaskan, ada 160 ASN yang menempati posisi pada jabatan eselon III, tetapi yang disertijabkan hanya 37 PNS. “Yang dilakukan sertijab itu hanya yang nama jabatannya sama, tapi orangnya berbeda,” katanya.(cr-04/enk/bnn)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!