Terkait Limbah yang Meresahkan Warga


Wabup Panggil Perusahaan Penghasil Telur

Diterbitkan  Rabu, 18 / 01 / 2017 9:59 - Berita Ini Sudah :  614 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

SERANG – Pemkab Serang secara resmi mengundang PT Gizindo Sejahtera Jaya untuk dimintai klarifikasi terkait limbah dari perusahaan penghasil telor itu. Limbah PT Gizindo berupa bau dari kotoran ayam, banyak dikeluhkan warga Kecamatan Cikande karena mengganggu kenyamanan, bahkan seorang pelajar pingsan karena menghirup aroma limbah yang menusuk hidung.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, pertemuan dengan PT Gizindo Sejahtera Jaya diagendakan pada Kamis (19/1) ini. Dalam pertemuan nanti, PT Gizindo Sejahtera Jaya akan diminta untuk menambah peralatan teknologi dalam mengelola limbah kotoram ayam.

“Kita mengundang hari Kamis. Insya Allah, para pemegang kebijakan PT Gizindo datang ke sini. Itu (Pertemuan, red) untuk ada tambahan teknologi,” ujar Pandji di ruang kerjanya, Selasa (17/1).

Hal itu penting, lantaran berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pihaknya, salah satu persoalan yang mengakibatkan bau limbah kotoran ayam meluas hingga pemukiman warga, yakni pada saat fermentasi.

“Karena saat proses fermentasi sekarang lagi musim hujan itu agak basah, kemudian angin juga relatif kencang akhirnya baunya menyebar kemana-mana,” katanya.

Persoalan teknis fermentasi itu, menurut Pandji yang harus diperbaiki. Dimana perusahaan perlu menabahkan alat baru yang bisa menghilangkan bau limbah kotoran ayam. Kata Pandji, perusahaan tersebut memproduksi 70 ton kotoran ayam dalam satu hari.

Namun yang dikelola oleh perusahaan itu sendiri hanya 50 ton. “20 ton dikelola di wilayah purwakarta,” katanya.

Pandji juga menilai, bau limbah kotoran ayam dari PT Gizindo Sejahtera Jaya merupakan pelanggaran yang masih bisa diberikan toleransi. Artinya, pihak perusahaan masih diberikan kesempatan untuk menyelesaikan persoalan bau limbah.

“Yang tidak boleh itu sudah melampaui batas toleransi. Karena industri peternakan itu ada buangan limbah,” katanya.

Sementara itu, Ahyarudin mengatakan, warga Kecamatan Cikande terlanjur geram dengan perusahaan tersebut karena menyebabkan wilayahnya bau limbah kotoram ayam. Dengan demikian, rencana penyampaian aspirasi dan tuntutan pada Pemkab Serang akan tetap dilakukan. “Kita meminta, Pemerintah Kabupaten Serang bertindak tegas,” harapnya.

Sebelumnya, informasi yang dihimpun, kemarin, bau limbah kotoran ayam yang berasal dari PT Gizindo Sejahtera Jaya yang berada di wilayah Kecamatan Bandung tidak hanya banyak di keluhkan warga. Namun juga mengakibatkan satu siswa SMAN 1 Cikande pingsan. Bahkan siswa yang mengikuti KBM juga harus memakai masker.(cr-04/enk/bnn)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!