Hari Ini, Surat Suara Pilgub Tiba

Diterbitkan  Senin, 23 / 01 / 2017 0:26 - Berita Ini Sudah :  716 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

SERANG – KPU Kabupaten Serang memastikan bahwa salah satu logistik Pilgub Banten 2017 yaitu surat suara untuk wilayah Kabupaten Serang akan tiba dari percetakan hari ini, Senin (23/1). Setelah tiba, surat suara akan langsung dilakukan pelipatan oleh pihak ketiga.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Muhamad Nasehudin mengatakan, sesuai dengan jadwal yang telah dirilis KPU Banten beberapa waktu lalu, pendistribusian surat suara untuk wilayah Kabupaten Serang akan dilakukan hari ini. Meski demikian, pihak belum mengetahui secara detail pukul berapa surat suara akan tiba.

“Ya (surat suara akan didistribusikan hari ini, red). Untuk jam kedatangan belum dikonfirmasi,” ujarnya, Minggu (22/1).

Mantan Direktur Pusat Telaah dan Informasi Regional Banten itu menuturkan, adapun teknis pengiriman surat suara yaitu langsung diterima KPU dari percetakan. Setelah tiba dan disimpan dalam sebuah ruang penyimpanan, keesokan harinya akan langsung dilakuakn proses pelipatan.

“Ketika datang dari percetakan langsung disimpan di Sekretariat KPU dengan pengawalan pihak kepolisian. Setelah menginap satu malam, surat suara akan langsung dilakukan proses pelipatan,” katanya.

Adapun jumlah surat suara yang akan tiba dan dilakukan proses pelipatan berjumlah 1.109.495 ditambah surat suara cadangan 2,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) per TPS.

“Surat suara yang akan tiba nanti sesuai jumlah DPT ditambah 2,5 persen per TPS. Kalau julah TPS untuk pilgub di Kabupaten Serang sendiri ada 2.181,” ungkapnya.

Berdasarkan jadwal pendistribusian surat suara seperti yang dirilis KPU Banten beberapa waktu lalu. KPU Kabupaten Serang mendapat giliran terakhir dalam pendistribusian, adapun yang mendapat giliran pertama adalah KPU Kabupaten Tangerang pad 14 Januari.

Dalam jadwal itu pun mengungkapkan bahwa surat suara direncanakan tiba di KPU Kabupaten Serang pada pukul 14.00 WIB.

Terpisah, Sekretaris KPU Kabupaten Serang Iman Saiman mengatakan, mengingat waktu yang cukup mepet maka proses pelipatansurat suara akan dibebankan ke pihak ketiga. Selain pertimbangan waktu, berkaca pada Pilkada Kabupaten Serang 2015, hasil kerja pihak ketiga terbilang lebih cepat dan rapi ketimbang dikerjakan secra swadaya.

“Rencananya pelipatan kami akan gunakan jasa pihak ketiga. Mereka hasil lebih bagus dan cepat. Targetnya mereka selesai 10 hari,” pungkasnya.(cmb)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!