SMKN 4 Tangsel-British International School Sepakat Bikin Green House

Diterbitkan  Kamis, 30 / 03 / 2017 9:44 - Berita Ini Sudah :  790 Dilihat

POSE BERSAMA. Siswa SMKN4 Tangsel dan British International School berpose bersama tanda disepakati kerjasama kedua belah pihak dalam membangun green house.

CIPUTAT–SMK Negeri 4 Tangsel dipastikan bakal tambah hijau dari sebelumnya. Itu semua tidak terlepas dari adanya green house, hasil kerjasama sekolah tersebut dengan British International School, yang berlokasi di Jalan Raya Jombang, Bintaro Sektor 9, Parigi, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Kerjasamanya sendiri sudah diresmikan kemarin.

Kerjasama itu mencakup proyek tentang green house selama dua bulan kedepan. Awalnya, konsep green house itu dibuat oleh Rizki Zaelani kelas XI jurusan Arsitektur, dan disetujui pihak British International School.

Kepada Tangsel Pos, Rizki mengatakan bahwa untuk membuat konsep yang diinginkan oleh British International School hanya membutuhkan dua hari. Konsepnya rumah hijau dengan menggunakan barang tidak terpakai.

“Karena SMKN 4 mempunyai cita-cita untuk mempunyai green house, ya sudah saya membuat konsep green house dengan bentuk minimalis,” ujarnya.

Sebanyak 1.700 botol dan 5 jenis tanaman menghiasi green house yang dibuat. Dari 5 jenis tanaman itu ada bayam merah, krokot, pakis, meranti bali dan meranti bambu.

Rekan Rizki, Annisa Affiah kelas XI yang ikut membantu mengumpulkan botol-botol tidak terpakai, mengatakan bahwa untuk mengumpulkan 1.700 botol membutuhkan waktu kurang lebih seminggu.

“Jadi setiap siswa dari kelas X, XI dan XII harus membawa minimal dua botol. Dan jika tidak menyerahkan botol yang sudah dijadwalkan akan dikenakan sanksi berupa membawa lima buah botol,” terangnya.

Sementara, salah satu siswa British International School, Kristi dan Alata yang mempunyai ide bekerjasama dengan SMKN 4 Tangsel, menjelaskan bahwa ini merupakan ide dari teman-temannya. Karena, ia melihat di lingkungan sekitar masih banyak sampah dan ingin menunjukan bahwa sampah bisa dijadikan hal bermanfaat.

“Saya ingin menunjukan bahwa sampah juga bisa dijadikan hal yang bermanfaat. Maka dari itu, saya mengajak siswa SMKN 4 Tangsel untuk membuat green house dari barang-barang tidak terpakai,” ucapnya.

Proyek kersama ini, sangat diapresiasi Wakil Kepala Bagian Kesiswaan SMKN 4 Tangsel, Bambang Rijadi. “SMKN 4 Tangsel yang berwawasan sekolah, sangat mengapresiasi kerjasama ini. Dan, saya berterimakasih kepada British International School yang sudah menunjuk SMKN 4 Tangsel untuk bekerjasama dalam membuat green house,” kata Bambang.(lan)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!