IGI Tangsel Gelar Pelatihan Blog dan Penulisan Karya Ilmiah


Sagusablog dan Sagusaku Tingkatkan Kemampuan Guru

Diterbitkan  Senin, 03 / 04 / 2017 7:51 - Berita Ini Sudah :  470 Dilihat

SANTAI. Kegiatan workshop yang digelar Ikatan Guru Indonesia (IGI) Tangsel berlangsung santai. IGI mendorong guru mampu membuat blog dan karya tulis ilmiah melalui Sagusablog dan Sagusaku.

PAMULANG – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Tangsel kembali mengadakan workshop dan seminar dengan mengangkat tema pembuatan blog dan terampil membuat karya tulis ilmiah, yang digelar selama dua hari terhitung sejak Sabtu (1-2/4) lalu, bertempat di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Assalamah, Pamulang.

Pemateri kegiatan seminar dan workshop ini diisi guru-guru berprestasi seperti Suroso M.Pd, Drs Fikron Al Choir, MM., M.Pd dan Danang Hidayatullah, M.Pd. Dalam pelatihan ini, nantinya guru harus bisa membuat satu blog atau Sagublog (Satu guru satu blog) dan juga Sagusaku (Satu guru satu buku).

Ketua IGI Tangsel, Fikron Al Choir mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru dalam membuat blog, juga untuk membantu para guru agar melek teknologi, serta mampu menulis karya ilmiah. Ia mengatakan bahwa untuk saat ini para guru masih banyak yang belum melek teknologi, khususnya para guru yang sudah menginjak usia kepala empat.

“Banyak guru kita kurang dalam melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah. Dengan adanya ini, dapat membantu para guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam menulis karya ilmiah. Nantinya, tulisan guru bisa dipublish melalui blog,” ujarnya.

Lanjutnya, seorang guru tidak hanya bertugas mengajar peserta didik. Namun, juga harus terus belajar dalam membuat karya tulis ilmiah. Karena, salah satu syarat guru untuk naik jabatan yakni membuat karya tulis ilmiah.

“Seorang guru tidak hanya melulu mengajar, tetapi perlu belajar untuk meningkatkan kompetensinya. Kita sudah 500 peserta yang sudah mengikuti kegiatan seperti ini dan ini kegiatan rutin ini selalu kami adakan,” tambahnya.

Sementara, Ketua IGI Wilayah Banten Tubagus Saiful Bahri mengatakan bahwa dari IGI siap untuk memfasilitasi para guru yang ingin meningkatkan kompetensinya dalam menulis karya ilmiah dan juga membuat blog.

“Kami siap menfasilitasi para guru yang ingin belajar dalam menulis dan kami sama sekali tidak memaksa para guru untuk mengikuti pelatihan ini,” pukasnya.

Ia juga mengatakan akan melaunching 100 buku yang ditulis oleh guru-guru pada bulan Oktober mendatang di hadapan Gubernur Banten. Dengan begitu para guru akan semakin termotivasi dalam menulis jurnal atau buku yang nantinya dapat bermanfaat untuk temannya sesama guru atau pihak lainnya.

“Insya Allah bulan Oktober kami akan melaunching 100 buku dari tulisan para guru dari semua wilayah. Semoga, dengan begitu para guru lebih giat untuk menulis buku,” tuturnya.
Bagi para guru yang ingin menjadi anggota IGI bisa langsung mendaftar secara online melalui website www.igi.or.id.(lan)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!