Manfaat Kain Perca Jadi Barang Mahal

Diterbitkan  Senin, 10 / 04 / 2017 10:17 - Berita Ini Sudah :  438 Dilihat

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kota Tangerang Selatan tanamkan ketermpilan memanfaatkan limbah kain perca. Setidaknya ada 50 UKM mendapatkan pembekalan selama dua hari pada 30-31 Maret, di NCB Bulding Serpong.

Kepala Dinkop UKM Kota Tangrang Selatan Firdaus menjelaskan kegiatan ini bagian kedua setelah pertama diberikan cara memanfaatkan limbah anroganik jenis kaca. Pelatihan kedua ini fokus memanfaatkan limbah anorganik kain.

“Pemanfaatan limbah anorganik menggunakan bahan kain perca merupakan kegiatan kedua di mana pada kegiatan pertama sudah dilaksanakan pemanfaatan limbah anorganik yang menggunakan bahan limbah kaca,” katanya.

Ia menambahkan, limbah anorganik ada yang harus diolah terlebih dahulu atau cara daur ulang seperti botol dan lain-lain. Namun juga ada limbah angorangik yang langsung dapat digunakan yaitu kain perca untuk berbagai pernak pernik.

“limbah tekstil berupa kain yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan karya limbah tekstil tentu memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Dan masih banyak lagi barang-barang bermanfaat dihasilkan dari limbah, semuanya tergantung pada kesadaran dan kreativitas kita sendiri,” papar ia.

Limbah kain itu sendiri berbahaya jika tidak dimanfaatkan dengan baik karena jenis limbah ini tidak bisa menyatu dengan lingkungan alam. Dapat merusak biota yang ada di dalam tanah dalam jangka waktu tertentu. Apabila dibakar asapnya bisa mencemari udara. Bisa menjadi media berkembangnya bibit penyakit.

“Bisa juga menyumbat saluran-saluran air yang pada akhirnya bisa menimbulkan banjir dan membutuhkan lahan yang luas sebagai tempat pembuangannya,” tambah Firdaus.

Sekretaris Dinkop UKM Kota Tangerang Selatan Dahlia Nadeak mengungkapkan melalui pelatihan ini sebagian ada yang sudah memiliki dasar bagaimana merangkai kain perca menjadi ornamen bagus yang dibingkai. Ada juga mereka yang belum memiliki dasar semua dibekali sampai bisa.

“Hasil dari latihan itu banyak macamnya seperti kaligrafi cukup indah. Berbagai hiasan bunga yang dibingkai dan banyak lagi tampilan-tampilan dari kain perca,” kata Dahlia.

Yang dibutuhkan kreativitas dan inovasi serta semangat tinggi melihat peluang. Dinkop UKM Kota Tangerang Selatan secara kontinu memberikan dasar-dasar ketrampilan sebagai modal bersaing era modern seperti ini.

“Tentu harapan besar, peserta pelatihan betul-betul memanfaatkan ilmu yang diperoleh. Harus diserap karena kesempatan ini jarang-jarang. Manfaatkan sebaik mungkin, jika ada hasil pasti orang akan mencarinya,” tuturnya. (adv).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!