Cerita Airin Soal Kegagalan Jadi Paskibraka dan Bupati


Dari Seminar Nasional Motivasi dan Leadership di Unpam

Diterbitkan  Rabu, 12 / 04 / 2017 9:56 - Berita Ini Sudah :  239 Dilihat

PERCAYA DIRI. Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menjadi pembicara pada seminar bertema ‘Membangun Generasi Cerdas, Berintegritas dan Berkarakter Menuju Insan Berpengaruh’ di Universitas Pamulang, Selasa (11/4).

Ratusan mahasiswa program studi Akuntansi Strata 1 (S1) Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang (Unpam) dan program studi lainnya berbondong-bondong memadati auditorium kampus tersebut, kemarin pagi. Mereka mengikuti seminar nasional motivasi dan leadership.

LANI PAHRUDIN-PAMULANG

Para mahasiswa nampaknya sudah tak sabar menanti dua pembicara di seminar tersebut yakni, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Nama dua pembicara ini juga sudah terpampang di spanduk. Namun setelah ditunggu-tunggu, hanya Walikota Airin yang hadir. Sementara, Ridwan Kamil batal datang, karena sibuk.

Dalam seminar yang bertemakan “Membangun Generasi Cerdas, Berintegritas dan Berkarakter Menuju Insan Berpengaruh”, Airin berbagi ilmu kepada para mahasiswa beralamater biru itu.

Menurut Airin, sebagai mahasiswa harus mempunyai sikap kedewasaan yang cerdas untuk bisa bersaing dalam era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Kami sudah bekerjasama dengan CSR untuk mengadakan pelatihan-pelatihan.

Karena, visi Tangsel yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. SDM yang berkualitas inilah yang ada di diri mahasiswa,” paparnya.

Selama 20 menit lebih, Airin memaparkan materi-materinya yang dapat memacu motivasi mahasiswa Unpam. Setelah memaparkan materinya, Airin mendapat pertanyaan dari para peserta seminar.

Salah satunya dari mahasiswa yang bernama Andri. Dia meminta Airin memberikan tips untuk menjadi pemimpin yang tangguh. Setelah disusul pertanyaan dari peserta lainnya, Airin lantas menjawabnya.

“Berbagai kegagalan pernah saya alami sebelum menjadi walikota. Pada saat SMA, saya pernah menjadi Paskibraka tingkat Kota Bandung, lalu mencoba peruntungan di tingkat nasional. Hasilnya, saya gagal di nasional.

Dan, juga saya pernah menyalonkan menjadi bupati Tangerang, hasilnya gagal juga. Tapi, dari kegagalan itu saya belajar bahwa kegagalan adalah kemenangan yang tertunda. Intinya, jika kalian diberikan kesempatan jangan ragu untuk ambil itu. Tunjukan untuk menjadi yang terbaik,” ujar Airin disambut riuh tepuk tangan.

Tak hanya itu, Airin juga berbagi pengalamannya ketika terpilih menjadi mojang Bandung dan menjadi Puteri Indonesia pada 1996. Airin, semakin semangat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjadi generasi cerdas, berintegritas dan berkarakter menuju insan berpengaruh.

Suasana seminar semakin seru. Salah satu mahasiswa Unpam, Roy yang sempat mengakukan pertanyaan ke Airin tentang kepercayaan diri meraih kesuksesan, tiba-tiba Roy diajak Airin tampil di depan. “Saya ngajak Anda tampil di depan ini supaya Anda percaya diri juga,” ujar Airin kepada Roy.

Tak terasa, seminar yang dilaksanakan hampir 2 jam itu selesai. Airin pun memberikan apresiasinya kepada para mahasiswa Unpam yang sudah mengadakan acara seperti ini.

“Berbagi pengalaman itu tidak apa-apa. Mudah-mudahan mereka bisa meraih cita-citanya dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Yayasan Sasmita Jaya (Pengelola Unpam), H Darsono sangat berterima kasih kepada Walikota Airin yang sudah membagi pengalamannya dan juga memotivasi para mahasiswa agar bisa meraih kesuksesan.

“Diadakannya seminar ini, dengan memberikan pengalaman dari orang-orang birokrasi dan orang sukses ini sangat bermanfaat besar bagi mahasiswa. Dengan ini, mahasiswa bisa memetik pelajaran bahwa walikota pun harus jatuh bangun dahulu sebelum menjadi walikota.

Jadi, anak-anak kita bisa tahu bahwa kesuksesan itu tidak bisa instan tetapi harus melalui proses yang panjang,” terangnya.(*)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!