Dindikbud Banten Turunkan Tim Pantau


Siswa Tidak Kesulitan Jawab Soal UNBK

Diterbitkan  Rabu, 12 / 04 / 2017 10:01 - Berita Ini Sudah :  370 Dilihat

SIAP PANTAU. Tim pemantau UNBK yang diterjunkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten, siap siaga melaksanakan tugas memantau pelaksanaan ujian di seluruh sekolah, termasuk juga di Kota Tangsel.

SETU-Dengan adanya persiapan matang pada pelaksanaan Ujian Nasioanl Berbasik Komputer (UNBK). Para peserta di Kota Tangsel dapat dengan baik dan lancar mengerjakan soal-soal mata pelajaran Bahasa Indoensia.

Salah satu siswa XII IPA 8 SMAN 2 Tangerang Selatan, Abi, mengaku terbantu dengan adanya tryout ujian yang dilaksanakan sekolah sebanyak tiga kali sebelum pelaksanaan UNBK.

“Kalau saya sudah siap, karena persiapan dari sebelum-sebelumnya ada tryout, pemantapan materi setiap Sabtu dan les di luar juga membantu banget. Simulasi dengan komputer juga sudah, jadi Insha Allah lancar,” ucapnya kemarin.

Siswa lainnya Anita Quraisyin kelas XII IPS 2 SMAN2 mengaku, tidak membuka buku pelajaran semalam, karena ingin menyegarkan otak dan menenangkan diri agar dalam pelaksanaan ujian berjalan lancar. “Semalam enggak belajar, karena biar fresh dan santai pas ngerjain soal hari ini,” kata dia.

Wakil Kepala Sekolah SMAN2 Kota Tangerang Selatan, Bambang Sutoyo menerangkan, pelaksanaan UNBK di sekolahnya adalah yang kedua, sejak pelaksanaan pertama di tahun 2016. “Tahun ini Jumlah peserta sebanyak 475 yang terdiri dari 397 siswa IPA dam 78 siswa IPS,” jelasnya dikutip di laman dindik.bantenprov.go.id

Dalam pelaksanaannya, dibagi ke 5 ruang laboratorium yang diisi 30 peserta dengan 5 komputer cadangan. “Untuk teknis kami sudah siap, Genset kita punya sendiri, jaringan internet mudah-mudahan tidak ada masalah. Sementara tenaga Proktor 5, teknisi 2, pengawas dari luar sekolah 5 orang,” ucapnya.

Meski begitu sejumlah siswa pada sesi II dan III terlihat sudah datang ke sekolah sebelum pelaksanaan UNBK dimulai. “Mending nunggu di sekolah, lagian biar mengatur waktunya lebih enak, engga terburu-buru bisa santai,” ucap Salsabila siswi kelas XII IPA 6 SMAN3 Kota Tangerang Selatan.

Monitoring Selalu Dilakukan

Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA di Provinsi Banten, sejak Senin-Selasa (11-12/4) terpantau lancar.

Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Ardius Prihantono saat melaksanakan pemantauan di SMAN 7 Kota Tangerang Selatan.

“Sebagaimana pelaksanaan UNBK SMK/MAK minggu lalu, untuk pelaksanaan UNBK SMA/MA kami juga menurunkan tim pemantau ke seluruh Kabupaten/Kota. Sementara ini alhamdulillah terpantau lancar, kita belum menemukan dan atau menerima laporan adanya kendala berarti,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Hamdari Kepala Sekolah SMAN 7 Kota Tangerang Selatan. “UNBK di sekolah kami alhamdulillah sesi pertama berjalan lancar tidak ada kendala. Ini sudah memasuki sesi kedua, mudah-mudahan juga lancar sampai nanti sesi ketiga,” tegasnya.

Untuk memastikan pelaksanaan UNBK berjalan lancar, para pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan juga diturunkan melakukan pemantauan.

Iis Nurhayati, S.Pd, M.Pd salah satu pengawas tingkat SMA Kota Tangerang Selatan saat ditemui di Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan mengatakan, para pengawas SMA di Kota Tangerang Selatan ditugaskan melakukan pemantauan ke sekolah-sekolah penyelenggara UNBK maupun UNKP.

Lebih jauh Iis menginformasikan tentang jumlah sekolah penyelenggara dan jumlah peserta UN. “Di kami (Tangsel.red) alhamdulillah untuk SMA 100% sudah UNBK dan untuk MA yang UNBK sebanyak 5 sekolah, dan13 sekolah UNKP,” tandasnya.(sam)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!