3 Ribu Peserta Meriahkan Pawai Ta’aruf


Ayo, Tahan Gelar Juara MTQ

Diterbitkan  Senin, 17 / 04 / 2017 5:44 - Berita Ini Sudah :  216 Dilihat

BERI MOTIVASI. Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany memberikan sambutan saat pelepasan khaflah MTQ ke XIV, Minggu (16/4) di salah satu hotel di Alam Sutera.

SERPONG-Kafilah Kota Tangsel harus mampu mempertahankan gelar juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XIV di Kabupaten Serang. Kepada para peserta juga diharapkan menyiapkan mentalnya supaya mampu tampil maksimal.

Demikian diungkapkan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany ketika melepas kafilah di salah satu hotel di Alam Sutera, Kecamatan Serpong Utara, kemarin. Menurut Airin, mempertahankan juara itu memang lebih sulit ketimbang merebutnya.

“Kita telah menunjukan yang terbaik kepada kota kabupaten lain bahwa Tangsel sebagai kota baru mampu menorehkan kemampuan terbaik. Semua dapat bekerjasama saling mendukung, ini harus dipertahankan ke depan,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara pelepasan itu, Wakil Walikota Benyamin Davnie, Sekda H Muhamad, para pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran, para alim ulama, dan kafilah. Diketahui, Kota Tangsel sukses merebut juara MTQ di Kota Serang pada 2016 lalu.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menerangkan, kepada semua tim jangan pernah merasa takut ketika nanti tiba di arena pertandingan. Tetap fokus apa yang menjadi tujuan bersama menunjukan terbaik melalui profesional.

“Kepada seluruh peserta siap mental tampil maksimal tidak ada keselahan serta tidak takut kalah. Tekad ini harus ditanam sekuat mungkin sebagai pemacu semangat,” tutur Benyamin.

Benyamin memberikan contoh di sepakbola ketika juara dunia kerap kali meleset dari prediksi para penonton. Biasanya mereka menjagokan para bintang, namun secara fakta kerap kali negara-negara di luar itu mereka tampil dengan kekompakan dan prima yang kuat.

Semua itu dilakukan dengan percaya diri dan fokus melakukan terbaik sehingga tidak pernah ada cacat.

“Kita bisa melihat laga sepakbola dalam pertarungan juara dunia pememangnya terkadang tidak terduga-duga. Pelajar yang dapat dipetik kekompakan tim, semangat para peserta dengan optimis juara,” tambah Benyamin.

Selain pelepasan khafilah, tim panitia dan official sejak Sabtu (15/4) mengadakan pembinaan kepada peserta. Memberikan pengarahan supaya siap mental dan siap bertanding dengan menunjukan yang terbaik.

Sekretaris LPTQ Kota Tangsel, Abdul Rojak memastikan 60 peserta semuanya siap bertanding mulai hari ini. Pembinaan jelang sehari diberangkatkan itu bagian dari pemantapan para peserta dari semua aspek, baik perlengkapan administrasi juga mental peserta.

“Sejak Sabtu para peserta diberikan pembekalan pemantapan jelang lomba. Melalui pemantapan peserta dipastikan siap mental lahir dan batin mengikuti MTQ Provinsi Banten yang keempat belas,” tukas Rojak.

Tradisi yang dijanjikan bagi pememang juara satu yang mendapatkan mendali empas akan diberikan hadiah Rp 30 juta. Pada 2015 lalu bonusnya diberangkatkan umroh, menggunakan uang APBD, namun berdasarkan intruksi dari BPK Provinsi sebaiknya uang saja.

“Tahun ini sama seperti tahun lalu uang bonus diberikan kepada pemenang juara satu mendali emas. Berbeda pada tahun 2015 silam Pemkot Tangsel memberangkatkan umroh, namun disarankan oleh BPK dana hibah tidak boleh digunakan untuk memberangkatkan umroh, berikan langsung uang tunai,” tambah Rojak.

Sebanyak 3.000 orang dari Kota Tangsel akan mengikuti pawai ta’aruf hari ini. Tak hanya pejabat, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi wanita, para guru ngaji, dan pegawai SKPD se Tangsel, staf kecamatan dan kelurahan juga akan ikut pawai taaruf.

“Tangsel star pertama pukul sembilan pagi, hari ini (kemarin,red) banyak yang sudah tiba di lokasi. Ada juga yang brangkat Senin pagi setelah subuh mulai star,” tutur Rojak.

Dalam pawai ta’aruf itu, para kafilah Kota Tangsel membawa 10 ondel-ondel dengan ketinggian masing-masing 10 meter. Selain itu, pasukan berkuda juga disiapkan. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!