DPRD Sambut Baik Renovasi Pasar Ciputat

Diterbitkan  Senin, 17 / 04 / 2017 5:56 - Berita Ini Sudah :  349 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

SERPONG– Renovasi Pasar Ciputat yang akan dilakukan sebentar lagi disambut baik banyak pihak, termasuk dari kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Dengan direnovasi, pasar akan memberikan wajah baru bagi Ciputat.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel, TB Rahmatullah, mengatakan, renovasi tersebut bisa dipastikan akan membuat Pasar Ciputat jauh dari gambaran kumuh yang terjadi saat ini.

Namun demikian setelah direnovasi nanti, penertiban terhadap pedagang berjualan tidak sesuai dengan tempatnya juga harus lebih tegas lagi. Hal ini agar proyek renovasi tidak terkesan sia-sia.

“Kami sangat menyambut baik wacana renovasi ini. Artinya ini akan memberikan wajah baru bagi Ciputat, karena pasar itu sudah menjadi ikon Ciputat. Nah sekarang bagaimana nantinya hasil dari renovasi itu tidak sia-sia, karena tujuan dari renovasi itukan untuk membuat pasar tradisional tidak kumuh lagi,” ungkapnya.

Rahmtullah mengatakan, ketegasan para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sangat penting dikarenakan selama ini berdasarkan pantauannya masih ada saja pedagang yang membandel kendati sudah dilakukan penertiban.

“Bukan berarti kita mendiskriminasikan pedagang, ini hanya penertiban. Dan penertiban ini harus dilakukan dengan tegas agar nantinya pasar yang telah direnovasi tetap terjaga,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, sebenarnya masih banyak kios kosong di pasar, sehingga memang harus dilakukan pemindahan kepada para pedagang yang masih membandel. “Di sini lah tugas pemerintah, bagaimana mengajak para pedagang yang selama ini membandel agar bisa berjualan di dalam dengan tertib,” tegasnya.

Sebelumnya, Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperibdag) Kota Tangsel Supriyatna menjelaskan, renovasi bakal dilakukan pada triwulan keempat tepatnya Juli mendatang. Renovasi menelan anggaran berkisar Rp 1,3 miliar dengan pola tender terbuka.

“Pasar Ciputat direnovasi. Namun renovasi ringan, tidak besar. Renovasi ringan meliputi perbaikan keramik pada lorong pasar-lorong pasar baik di lantai satu maupun di lantai dua, pengecatan tembok dan plafon yang sudah rusak,” katanya.

Meski ada empat lantai, pengerjaan difokuskan pada lantai satu dan lantai dua saja sesuai penganggaran. Selama renovasi, dipastikan tak ada relokasi pedagang dikarenakan tidak menganggu para pedagang yang ada. Pasalnya renovasi tak masuk ke dalam kios-kios pedagang.

“Tidak akan menganggu para pedagang jadi tak perlu ada relokasi. Kalau memperbaiki dalam kios-kios yang ada baru itu akan menganggu, tapi ini tidak. Intinya renovasi ini supaya nyaman bagi pedagang,” tukas Yatna.

Saat ini sedang dalam tahap persiapan gambar agar lebih jelas apa yang akan dikerjakan nanti oleh kontraktor. Setelah gambar selesai, baru akan dilelangkan secara terbuka. Dipastikan sekitar Juli pengerjaan mulai berjalan.

“Sekarang sedang tahap persiapan seperti gambar dan lain-lain sebelum diumumkan pelelangan melalui elektronik,” tambahnya.

Pelaksana Tugas Renovasi Pasar Tradisional Ciputat, Budi Rupto menambahkan, proses lelang anggaran dari anggaran sebesar Rp 1,3 miliar dipastikan dimulai pada Mei. Selanjutya, Juli tahap pengerjaan. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!