SMK Negeri 4 Gelar Donor Darah, SMAN 2 Berbagi Pakaian Layak


Siswa Unjuk Kepedulian Usai UNBK

Diterbitkan  Senin, 17 / 04 / 2017 5:52 - Berita Ini Sudah :  426 Dilihat

PEDULI SESAMA. Kepala SMKN 4 Tangsel, Dra Angen Sumijati bersama guru dan siswa, saat melaksanakan kegiatan donor darah, beberapa waktu lalu. Giat ini dilakukan usai pelaksanaan UNBK selama empat hari.

CIPUTAT–Usai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) beberapa hari lalu, sejumlah sekolah menandainya dengan berbagai aksi kemanusiaan teramat positif. Beberapa di antaranya ada yang menggelar donor darah seperti dilakukan siswa SMKN 4 Tangsel, serta membagikan pakaian layak pakai seperti ditunjukan SMAN 2 Tangsel.

Mengusung tema “Empati, Kreasi, Siap Untuk Berkarya” seluruh SMKN 4 Tangsel sudah berkumpul sejak pagi hari di halaman sekolah. Diawali dengan senam bersama, yang diikuti oleh guru, siswa dan juga staf sekolah lainnya.

Kepala SMK Negeri 4 Tangsel, Dra. Angen Sumijati mengatakan bahwa acara ini tidak hanya sekedar pesta saja, tetapi juga mengadakan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi orang banyak.

“Ini four fiesta, fiesta diambil dari bahasa Spanyol yang berarti pesta. Tapi, ini tidak sekedar pesta kami mengadakan donor darah. Donor darah ini juga diikuti oleh guru, siswa dan juga para alumni semoga bisa bermanfaat untuk orang yang membutuhkan,” ujarnya.

Selain donor darah, terdapat juga job fair yang sesuai dengan kompetensi siswa SMKN 4 seperti Arsitektur dan Keperawatan.

Dan, ada juga edu fair serta class perform yang harus ditampilkan masing-masing kelas. Ia berharap, dengan kegiatan seperti ini para siswa semakin terangsang dalam memberikan empatinya dan menunjukan kreasinya untuk menunjukan hasil yang terbaik.

“Mudah-mudahan makin membaik dan anak-anak semakin terangsang dalam memberikan empatinya dan kreasinya serta siap untuk memberikan karya terbaiknya. Dan, yang paling penting kepercayaan diri terasah,” imbuhnya.

Ketua Osis, Zhia Unnahar kelas XI Jurusan Arsitektur mengatakan bahwa setiap tahun selalu mengadakan donor darah dan juga menunjukan hasil karya siswa. Dengan adanya kegiatan donor darah, dirinya ingin memperkenalkan jurusan keperawatan.

“Dengan kegiatan ini saya ingin memperkenalkan dua jurusan yang ada di SMKN 4 Tangsel, yakni Arsitektur dan Keperawatan. Di kegiatan ini, siswa Arsitektur memajangkan hasil maket gedungnya dan untuk keperawatan menunjukan kepeduliannya dalam melalukan donor darah,” paparnya.

Kreatif, Siswa Moonzher Langsung Kumpulkan Pakaian

Jika siswa SMKN 4 Tangsel menggelar donor darah serta kegiatan lainnya, aksi kemanusiaan juga ditunjukan siswa SMAN 2 Tangsel. Usai UNBK dan tanpa dikomando oleh guru ataupun kepala sekolah, mereka langsung bergerak mengumpulkan pakaian layak pakai untuk dibagikan kepada sesama, terutama mereka yang membutuhkannya.

Dan diketahui pula bahwa aksi seperti itu rutin digelar siswa SMAN 2 Tangsel usai mereka mengikuti ujian nasional seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, siswa Moonzher setiap tahunnya memang selalu mengedepankan aksi positif usai ujian. Tidak terkecuali tahun ini, dimana para siswa berbagai pakaian layak pakai,” terang Kepala SMAN 2 Tangsel, DR Neng Nurhemah.

Menurutnya, aksi sosial nan positif seperti itu merupakan inisiatif dari para siswanya. “Ohhh ini tentu saja inisiatif langsung dari para siswa,” katanya singkat.(lan/sam)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!