1.249 Pendaftar Pilih Prodi Menejemen


UIN Terima 961 Mahasiswa Jalur SNMPTN

Diterbitkan  Kamis, 27 / 04 / 2017 9:53 - Berita Ini Sudah :  286 Dilihat

ALHAMDULILLAH. Dari 10.547 pendaftar melalui jalur SNMPTN, UIN Jakarta akhirnya menerima 961 mahasiswa dengan lima program studi terfaforit. Selanjutnya, setelah rangkaian seleksi selesai, mereka wajib daftar ulang pada Senin-Selasa (8-16) Mei mendatang.

CIPUTAT-961 calon mahasiswa baru dinyatakan lolos seleksi masuk UIN Jakarta melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 yang diumumkan, Rabu (26/4).

Selanjutnya, UIN Jakarta–seperti halnya perguruan tinggi penyelenggara SNMPTN 2017 lainnya— akan melakukan verifikasi kesesuaian data akademik asli siswa dengan data isian sekolah pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Data Rekapitulasi Peserta Diterima SNMPTN 2017 UIN Jakarta mencatat, ke-961 mahasiswa yang diterima merupakan bagian dari 10.547 pendaftar masuk UIN Jakarta melalui jalur SNMPTN.

“Dari 10.547 pendaftar, baik melalui pilihan 1 maupun 2, hanya 961 pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi,” kata Kepala Bagian Akademik Ir Hj Yarsi Berlianti M.Si dinukil di laman uinjkt.ac.id.

Pada tahun ini, UIN Jakarta sendiri menawarkan jalur masuk melalui SNMPTN bagi 25 program studi. Masing-masing di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB/3 prodi), Fakultas Adab dan Humaniora (2 prodi),

Fakultas Sains dan Teknologi (8 prodi), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (3 prodi), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (4 prodi). Selanjutnya, Fakultas Syariah dan Hukum (1 Prodi), Fakultas Ilmu dan Dakwah dan Komunikasi (1 Prodi), Psikologi (1 Prodi), dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (2 prodi).

Dari 25 prodi, lima prodi menjadi prodi terpopuler pendaftar SNMPTN. Kelimanya, Prodi Manajemen menjadi prodi sasaran pendaftar terpopuler dengan jumlah pendaftar 1.249 orang dan lulus seleksi 42 orang, disusul Akuntansi 911 pendaftar dan lulus seleksi 42 orang, lalu Pendidikan Dokter 768 pendaftar dengan lulus seleksi 35 orang, dan Psikologi 733 pendaftar dengan jumlah lulus seleksi 70 orang.

“Mengacu pada rasio pendaftar dan yang lulus seleksi, membuktikan bahwa proses seleksi masuk pada prodi-prodi UIN Jakarta sangat ketat,” terang Yarsi.

Yarsi menambahkan, status penerimaan Peserta SNMPTN sebagai mahasiswa di PTN tujuan nantinya akan ditentukan berdasarkan verifikasi data akademik (rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/surat keterangan tanda lulus (SKTL) asli) yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat Peserta SNMPTN diterima.

Verifikasi ditujukan untuk mengukur kembali kesesuaian nilai raport dengan nilai siswa pada Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) yang dilaporkan sekolah asal masing-masing siswa.

“Ini untuk melakukan pengecekan kembali, sehingga pendaftar yang dinyatakan lulus betul-betul merupakan siswa yang berhak lolos masuk,” paparnya lagi.

Setelah semua rangkaian seleksi selesai, maka siswa yang dinyatakan lolos jalur ini harus melakukan daftar ulang sepanjang Senin-Selasa 8-16 Mei 2017 mendatang.

Untuk melihat status kelulusannya sendiri, pendaftar bisa mengakses laman website http://snmptn.ui.ac.id/ dengan terlebih dulu memasukan 10 digit nomor pendaftaran SNMPTN yang tertera pada kartu peserta SNMPTN ke dalam kolom nomor pendaftaran dan tanggal lahir pendaftar.

Di UIN Jakarta, SNMPTN hanya salah satu pintu masuk para calon mahasiswa baru. Selain SNMPTN, UIN Jakarta juga membuka jalur masuk melalui SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan SPMB Mandiri. Untuk informasi dan syarat pendaftaran masing-masing jalur bisa diakses melalui website http://akademik.uinjkt.ac.id/.(sam)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!