Bangun Tandon di 54 Kelurahan

Diterbitkan  Selasa, 23 / 05 / 2017 10:46 - Berita Ini Sudah :  305 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

SERPONG-Supaya Kota Tangsel terbebas dari banjir, perlu dibangun tandon di setiap kelurahan. Kebutuhan akan daerah resapan air itu sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Drainase Perkotaan.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel yang juga sebelumnya masuk dalam Pansus Perda Drainase Perkotaan, Drajat Sumarsono mengatakan, peruntukan tandon dalam Perda tersebut untuk menghilangkan banjir di Kota Tangsel.

Menurut Drajat, karena tandon sebagai titik tampung air yang juga berfungsi sebagai resapan air, sehingga dapat membuat aliran air sungai yang tadinya memiliki debit tinggi bisa tertampung sementara di tendon.

“Perda itu sudah disahkan dan ada klausul soal pembuatan tandon. Jadi ini akan kami dorong agar tidak hanya sekadar beberapa tandon saja, tetapi harus dibuatkan tandon mini di seluruh kelurahan di Tangsel. Ini supaya musibah banjir tahunan ini bisa diminimalisir,” ungkap Drajat.

Drajat menambahkan, tandon tersebut bisa dibuat di beberapa titik dekat sungai. Sehingga mampu membuat aliran sungai yang tadinya deras bisa tertampung sementara di tandon.

“Selain manfaat utama untuk menanggulangi banjir di kota kita. Nah ini juga bisa dimanfaatkan untuk ruang terbuka publik. Kita bisa memanfaatkan tempat bermain dan bersantai,” ujarnya.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel lainnya, Tb Rahmatullah mengatakan, untuk persoalan anggaran, Pemkot bisa mengawalinya dengan membuat tandon mini di 54 kelurahan.

“Anggaran tak masalah saya kira. Setiap tahun itu Silpa kita selalu mencapai ratusan miliar rupiah. Jadi sangat mungkin anggaran kita ini bisa untuk membuat tandon mini di semua kelurahan,” ujarnya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!