Antisipasi Harga Sembako Naik Jelang Lebaran


Pemkot Gelar Bazar di 7 Kecamatan

Diterbitkan  Selasa, 23 / 05 / 2017 10:22 - Berita Ini Sudah :  159 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

CIPUTAT-Selama Ramadan, Pemkot Tangsel menggelar bazar sembako murah di tujuh kecamatan. Warga bisa mendapatkan minyak goreng, beras, serta daging dengan harga terjangkau karena disubsidi Pemkot dan disediakan ribuan paket sembako.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Malikuswari menegaskan, pihaknya sedang merancang pelaksanaan bazar di tujuh kecamatan selama bulan puasa.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya kami selalu menggelar bazar murah dengan sistim subsidi sebesar 30 persen. Tahun ini pun sama mengelar bazar di tujuh kecamatan ,” kata Malik.

Kegiatan bazar dengan menyediakan ribuan kantong sembako ini dilakukan dengan kerjasama bareng seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada, baik para dinas hingga tingkat kecamatan. Disperindag sebagai koordinator dari kegiatan bazar murah ini.

“Kami kerjasama dengan seluruh SKPD hanya saja Disperindag sebagai koordinatornya. Semua berperan termasuk para camat akan memberikan bantuan,” tambah ia.

Berkaca pada tahun sebelumnya, satu kecamatan jumlah sembakonya bervariasi ada yang hanya kisaran 1.200 paket sementara pada kecamatan lain mencapai 3.000 paket sembako. Satu paket sembako berisi beras, minyak, gula, susu, dan kelompok 9 bahan pokok.

“Total rinci per kecamatan berapa kantong sembako masih dalam perhitungan. Kami berharap ada peningkatan, kalau kita bandingkan di tahun lalu ada yang mencapai 1.200 hingga 3.000 paket di satu kecamatan,” jelas Malik.

Penambahan jumlah paket sembako murah bukan berarti warga miskin di Tangsel meningkat jumlahnya. “Peningkatan ini kami tujukan untuk kesejahteraan masyarakat Tangsel secara menyeluruh. Jadi yang merasakan bukan hanya warga yang kurang mampu semata, namun masyarakat menangah pun turut menikmati bazar ini,” harapnya.

Agar kegiatan bazar di setiap kecamatan meriah, Disperindag bakal menyiapkan stand bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM). Mereka sengaja diberikan tempat agar dapat menampilkan karya masing-masing seperti, kue-kue dan baju.

“Per kecamatan kami akan menyiapkan stand bazar 32 tenda yang akan diisi oleh pelaku UKM dan IKM serta peritail besar. Mereka turut berpartisipasi adapun untuk ritail harus memberikan diskon selama mengikuti basar,” katanya.

Jadwal bazar murah di kecamatan, diperkirakan masuk pada 20 Juni mendatang. Sengaja di pertengahan supaya lebih dekat dengan perayaan idul fitri. Selain bazar murah di tujuh kecamatan, akan dibuka bazar mulai 15-16 Juni di bilangan BSD.

“Kami mengupayakan kegiatan bazar terus berkelanjutan, selain bazar yang diadakan oleh Pemkot ada bazar khusus pihak swasta. dalam bazar itu semua produk mulai kuliner hingga fashion akan disediakan,” lanjutnya.

Bulog wilayah Tangerang pun akan diajak kerjasama dalam kegiatan setiap bazaar di tujuh kecamatan ini. Mereka akan menyediakan daging sapi beku dengan harga jual sangat murah Rp 60 ribu per kilogram. Jika dibandingkan di pasar harganya mencapai Rp 100 ribu per kilogram.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, H Muhamad mengungkapkan, bazar murah tahun ini juga diselenggarakan sama seperti di tahun-tahun sebelumnya dengan tujuannya untuk menekan harga agar, supaya masyarakat bisa dan mampu membeli kebutuhan pokok selama puasa dan lebaran.

“Kita ketahui setiap puasa hingga jelang lebaran semua kebutuhan pokok harganya amat tinggi. Inilah tugas pemerintah untuk memberikan kesejahteraan masyarakat melalui sembako murah. Sembako ini mendapatkan subsidi dari Pemkot Tangsel,” kata H Muhamad. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!