Sudrajat, Pencipta Lagu Judika dari Teluknaga

Diterbitkan  Selasa, 23 / 05 / 2017 12:23 - Berita Ini Sudah :  357 Dilihat

Lagu bertajuk “Jadi Aku Sebentar Saja” direlease penyanyi Judika di Jakarta, Agustus 2016 lalu. Lagu bertema cinta yang sangat pas dengan karakter suara Judika itu hingga saat ini masih tetap populer.

Selain itu, anak-anak muda hafal betul dengan bait-bait lagu itu. Mereka sering menyanyikan lagu kalau lagi nongkrong atau dalam berbagai event kesenian seperti pentas seni di sekolah-sekolah.

Namun siapa sangka ternyata pencipta lagu itu ternyata seorang guru olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan SMP Hidayaturrohman (HIRO). Sekolah itu berada di Desa Tegal Angus, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Ia bernama Sudrajat atau yang lebih akrab dipanggil Kacut. Selain sebagai guru olahraga dan kesehatan, Kacut juga dikenal sebagai guru ngaji anak-anak usia SD dan SMP di rumahnya.

“Saya mengajar ngaji sekitar 20 murid,” paparnya.

Jika Kacut tidak sedang mengajar di sekolahnya atau mengajar ngaji di rumahnya, ia mengisi waktu dengan bermain gitar dan tentu saja membuat lirik lagu dan aransmen musiknya.

“Saya tidak pernah belajar musik secara khusus, odidak saja,” ungkap Kacut ketika diwawancarai wartawan Tangerang Pos/Tangsel Pos di sekolahnya di Jalan Raya Tanjung Pasir, Tegal Angus, Teluknaga, baru-baru ini.

Kasut juga mengaku tidak pernah belajar secara khusus bermain gitar. “Saya dulu suka lihat-lihat orang main gitar. Kayaknya kalau saya bisa main gitar enak banget,” ungkapnya.

Setelah memperhatikan teman-temannya bermain gitar, diam-diam Kacut mempelajari sendiri bagaimana cara memainkan gitar. Kacut kemudian keasyikan dan bahkan ketagihan.

Setelah pandai bermain gitar, pria ramah dan murah senyum ini, iseng-iseng belajar menciptakan lagu. Lagu itu kemudian dinyanyiakan Kacut bersama dengan istrinya. Tentu masih di rumahnya di Kampung Sukaharja atau Kebon Teki, Tegal Angus, Teluknaga.

Untuk sekadar testimoni, Kacut juga seringkali meminta pendapat teman-teman dekatnya. Umumnya mereka senang dengan lagu-lagu Kacut. Pasalnya, nada-nada lagu Kacut sangat kekinian.

Pada tahun 2016 lalu, Kacut dapat info Judika membuka kesempatan kepada seniman-seniman di seluruh Indonesia untuk mengikuti seleksi lagu ciptaan sendiri yang akan dinyanyikan Judika.

“Saya iseng-iseng ngirim lagu, eh… alhamdulillah lagu saya berjudul ‘Jadi Aku Sebentar Saja’ menjadi juaranya. Saya diundang Judika pada saat lagu itu dilaunching di Jakarta,” katanya.

Kacut mengaku lagu yang dibawakan Judika itu dikontrak langsung oleh Sony Musik dan pada saat itu Kacut mendapat bayaran dari jerih payahnya membuat lagu. “Ahmadulillah,” ujarnya.

Dijelaskanya, hingga saat ini Kacut sudah memiliki beberapa lagu stok yang siap dilempar ke para penyanyi. “Anggie Drive sudah minta, juga acara Hitam Putih. Lagunya sudah saya kirim tinggal nunggu informasi,” terangnya.

Tidak hanya itu, lagu-lagu Kacut sudah diminta musisi Malaysia. Sementara production house dari Singapura sudah meminta lagu Kacut untuk dijadikan soundtrack sinetron 30 episode.

Tentu saja Kacut kini sudah merasakan senang dan bahagianya lagu-lagunya dibawakan penyanyi terkenal, bahkan dari karya-karya itu tidak sedikit menghasilkan uang jutaan rupiah.

Namun Kacut yang rendah hati ini, tidak akan meninggalkan murid-muridnya di sekolah, termasuk murid-muridnya yang belajar mengaji kepadanya. (budi sabarudin)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!