Ribuan PNS Pemkot Menanti Gaji ke-13

Diterbitkan  Rabu, 24 / 05 / 2017 10:11 - Berita Ini Sudah :  451 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

CIPUTAT-Ini kabar gembira buat para pegawai negeri sipil (PNS) Pemkot Tangsel. Pencairan gaji ke-13 dilakukan hampir bersamaan dengan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) pada Juni nanti. Saat ini untuk gaji ke-13 tinggal menunggu surat keputusan (SK) Kementerian Keuangan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel, Warman Syanudin mengungkapkan, pihaknya memang sudah mendapatkan informasi dari Kementerian Keuangan terkait pencairan gaji ke-13 itu. “Kalau SK sudah turun, maka langsung diedarkan ke seluruh kabupaten kota,” terangnya.

Gaji ke-13 yang dimaksud itu diperuntukan bagi PNS dalam rangka membantu biaya pendidikan bagi keluarganya. Maka seperti tahun-tahun sebelumnya gaji ke 13 turun diperkirakan pertangahan tahun atau awal tahun ajaran baru sekolah.

Gaji ke-13 ini diprediksi bakal cair sekitar bulan depan. Besaran gaji ke-13 bagi masing-masing PNS bervariasi, tergantung besaran gaji mereka yang ditentukan pada golongan. Gaji ke-13 besarannya berpatok pada satu bulan gaji. Sedangkan PNS yang ada di Tangsel baik struktural dan fungsional mencapai 5.000 orang.

“Besaran gaji ketiga belas sama satu kali gaji pegawai berdasarkan masing-masing golongan para pegawai itu sendiri. Di Tangsel jika digabung antara guru dan pegawai di lingkungan Pemkot Tangsel berjumlah sekitar lima ribu pegawai,” tutur mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel ini.

Penyaluran gaji ke-13 langsung ditransfer pada rekening masing-masing lewat Bank BJB. Berbeda dengan gaji ke-14, untuk Tunjangan Hari Raya (THR) diprediksi lebih dulu cair. Berkisar mendekti lebaran. Gaji ke-14 ini besarannya juga satu kali gaji.

“Dari dua gaji yakni, ketiga belas dan empat belas sepertinya keempat belas itulah akan turun lebih dulu mendekati lebaran. Karena gaji ke-14 itu adalah THR bagi PNS,” tutur Warman.

Guna mengantisipasi banyak pertanyaan oleh pegawai di lingkungan Pemkot Tangsel, maka Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah melakukan sosialisasi. Memberi tahu proses gaji ke- 13 dan 14 sedang menunggu dari pusat. Sosialisasi itu telah dilakukan belum lama ini.

“Kami sudah menyampaikan saat ada apel pekan kemarin soal gaji ketiga belas dan empat belas. Penyampaian ini perlu kami lakukan kepada lingkungan pegawai Pemkot Tangsel,” tambahnya.

Sementara, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani menjelaskan, ASN yang menerima pemberian THR dan gaji ke-13 tersebut meliputi Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit Tentara Negara Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan juga pejabat negara

“Insya Allah bias cair Juni juga. THR sebelum lebaran, kalau gaji ke-13 sebelum anak masuk sekolah (di bulan Juli). Jadi, bulannya bisa sama, mungkin waktunya beda,” kata Askolani.

Sementara, untuk besaran nominal yang diberikan, Askolani mengatakan, bahwa jumlah anggaran diperkirakan tak jauh berbeda dengan anggaran untuk THR dan gaji ke-13 di tahun lalu sekitar Rp 14 triliun.

Adapun pengaturan pemberian THR dan gaji ke-13, menurutnya, tinggal menunggu ketetapan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP).

“Sedang menunggu ketetapan. PP tinggal menunggu arahan Presiden. Nanti semua Kementerian/Lembaga (K/L) mekanismenya seperti biasa, dan itu tidak akan susah, tinggal dicairkan,” tegas Askolani.

Untuk pemberian THR, pemerintah akan memberikan tunjangan dengan besaran sesuai dengan gaji pokok yang diterima tiap-tiap tingkat. Sedangkan untuk gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.

Untuk pejabat negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan. Sementara bagi penerima pensiun, berupa pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!