Waspada! Marak Bus Pariwisata Abaikan Keselamatan Penumpang

Diterbitkan  Jumat, 02 / 06 / 2017 3:06 - Berita Ini Sudah :  350 Dilihat

RAMP CHEK. Kabid Pengawasan dan Pengendalian, Dinas Perhubungan Kota Tangsel, Wijaya Kusuma (kiri) sedang mengecek kondisi bus pariwisata, Blue Star di bilangan Serpong, Rabu (31/5) lalu.

SERPONG-Berhati-hatilah jika pergi tamasya dengan menggunakan bus pariwisata. Di Kota Tangsel, marak ditemukan bus pariwisata mengabaikan keselamatan para penumpangnya. Untuk itu, masyarakat harus pandai memilih angkutan.

Pada Rabu (31/5) lalu, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel melakukan ramp chek bus pariwisata. Pemeriksaan dilakukan di dua pool bus pariwisata yakni, Dian Trans di Pamulang dan Blue Star di Serpong. Sebanyak 20 personel dikerahkan untuk mengecek kondisi angkutan wisata itu.

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan dan Pengendalian Dishub Kota Tangsel, Wijaya Kusuma mengungkapkan, beberapa waktu lalu pihaknya telah melayangkan surat edaran berdasarkan dari Kementerian Perhubungan agar segera melakukan kegiatan inspeksi keselamatan atau ramp check ke sejumlah pool bus.

“Kami melakukan kegiatan ini untuk memastikan unit bus pariwisata betul-betul dalam keadaan aman. Semua armada harus patuh dan tunduk pada peraturan, baik administrasi maupun keselamatan, sifatnya urgen seperti rem, lampu, apar untuk pemadam di dalam bus,” kata Wijaya Kusuma.

Pada pemeriksaan itu, Dishub menilang 5 unit bus Blue Star karena tak dilengkapi dengan buku kir. Adapun di pool Dian Trans, sebanyak 2 unit bus ikut kena tilang. Di pool ini, banyak bus tidak sesuai kapasitasnya.

“Kami tidak ada toleransi jika ada temuan kami tilang dan Pengadilan yang akan menyelesaikan. Di dua tempat ini, kami menemukan persolan berbeda, ada yang tidak memiliki buku kir dan ada juga tempat duduk penumpang tidak sesuai dengan kartu pengawasan dan buku kir,” tutur Wijaya.

Upaya pengecekan ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan. Masyarakat kerap mendengar kecelakaan bus pariwisata beberapa waktu secara berturut-turut di daerah Puncak, Bogor. Tentu dengan insiden itu, masyarakat akan kahwatir.

Wijaya meminta kepada pihak pengelola bus agar cara pandang mereka diubah, bahwa pemeriksaan itu untuk menjaga keamanan penumpang.

“Kegiatan ini kita bukan cari-cari kesalahan, tapi untuk memastikan penumpang aman, nyaman saat menumpang bus pariwisata. Jika layanan baik, kualitas bus baik, semua mengikuti aturan pemerintah tentu yang mendapat nama baik mereka juga selaku pengusaha bus pariwisata,” tegas Wijaya.

Dishub tak hanya memeriksa bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang biasa dipakai mudik. Namun dengan kebijakan baru semua pool bus yang ada di Tangsel wajib dilakukan ramp check. Petugas dari Dishub melakukan pemeriksaan dengan teliti terhadap puluhan bus yang terparkir, termasuk roda dan kelengkapan lainnya.

“Kami juga mengecek kondisi roda, termasuk di dalam bus, seperti alat kesehatan obat-obatan dan lain-lain. Tapi semuanya bus dalam kondisi laik jalan,” tambah pria berbadan kekar ini.

Kepala Dishub Kota Tangsel, Sukanta menjelaskan, pemeriksaan kelaikan jalan kendaraan dimulai pada 22 Mei hingga 24 Juni 2017. Pemeriksaan selain unsur penting, ada pemeriksaan tambahan seperti pengukur kecepatan, kapasitas tempat duduk serta tangga darurat.

“Kita menciptakan iklim keamanan sebagai kebutuhan utama. Penumpang harus diberikan jaminan kenyamanan saat naik bus atau menyewa bus pariwisata. Pentingnya kita turun ke lapangan untuk memastikan itu semua,” tuturnya.

Mantan camat Serpong Utara ini meminta kepada pengelola bus pariwisata agar selalu memperhatikan kondisi bus. Lakukan pengujuan kir jangan sampai tidak diperpanjang. Juga harap diperhatikan pada karyawannya, baik sopir maupun kondektur supaya tidak menggunakan obat-obatan atau narkoba.

“Kami meminta untuk kerjasama selain perhatikan unit bus perhatikan juga para sopir jangan menggunakan obat-obatan terlarang karena itu membahayakan keselamatan,” tukasnya. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!