Forum RW Tingkat Kelurahan Diperlukan

Diterbitkan  Rabu, 07 / 06 / 2017 10:00 - Berita Ini Sudah :  188 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

SERPONG– Pembangunan Kota Tangerang Selatan seutuhnya memerlukan partisipasi seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya, partisipasi kepengurusan Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT).

Sedangkan untuk mengoptimalkan peran tersebut, koordinasi antar RT dan RW di setiap kelurahan di Kota Tangsel diperlukan agar pembangunannya terintegrasi antar lingkungan.

Ketua Forum RW se Kota Tangsel, Heri Yanto, mengatakan, perlu dibentuknya forum RW tingkat kerlurahan di seluruh Kota Tangsel dapat mengintegrasikan aspirasi masyarakat dari lingkungan masing-masing. Selama ini, forum RW itu hanya ada di tingkat kota saja.

“Menurut kami adanya forum RW di tingkat kota ini memang sangat penting, kita bisa saling bertukar pikiran untuk membicarakan soal kebutuhan lingkungan dan pembangunan,” ujarnya.

Namun demikian, lebih penting lagi keberadaan forum itu hingga tingkat kelurahan. “Sampai saat ini tidak ada forum RW tingkat kelurahan, sehingga koordinasi di tingkat kelurahan agak kesulitan. Makanya kami harapkan adanya forum RW di tingkat kelurahan,” tambahnya.

Ditegaskan Heri, jika seluruh RW di tingkat kelurahan saling terkoneksi dalam sebuah forum, maka sebelum diadakannya Musrenbang, para RW melalui forum ini suah merumuskan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan dalam pembangunan.

“Sehingga ketika masuk tahapan Musrenbang tidak ada lagi perdebatan,” ujarnya.

Anggota Komisi I DPRD Kota Tangsel Saprudin, menyambut baik keberadaan forum RW tingkat kelurahan. Dengan forum itu, bisa saling terintegrasi antar lingkungan dan mengatasi persoalan secara bersama.

“Kalau memang ada wacana seperti ini tentu kami mendukung. Ini tidak hanya akan mampu mengatasi soal pembangunan saja, tetapi soal lingkungan lainnya seperti kenakalan remaja dan juga narkoba pun bisa cepat ditangani oleh forum RW ini,” ujarnya.

Bahkan Saprudin mengatakan, jika diperlukan secepatnya dibentuk Forum RW di tingkat kelurahan tersebut agar sinergitas dari bawah ke atas pun bisa terus terjalin dengan adanya forum ini.

“Kalau bisa dibuat secepatnya, agar bisa lebih baik lagi kedepannya dalam pengelolaan lingkungan di Kota Tangsel ini,” paparnya. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!