Berhasil Ciptakan Dua Mobil Gokart, Targetkan Mobil Ramah Lingkungan


SMK-SMA Triguna Ciputat Ukir Sederet Prestasi Luar Biasa

Diterbitkan  Selasa, 20 / 06 / 2017 8:52 - Berita Ini Sudah :  387 Dilihat

KERJASAMA. SMK-SMA Triguna mendapatkan kepercayaan untuk berkerjasama dengan Mitsubishi. Dalam kerjasama ini, ada program Mitsubishi school.

CIPUTAT-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memang diproyeksikan untuk menghasilkan karya-karya inovatif, yang bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan orang banyak.

Tuntutan tersebut pun dijawab dengan elegan oleh para siswa SMK Triguna Utama Ciputat, Kota Tangerang Selatan dengan menghasilkan karya yang saat ini masih menjadi buah bibir dimasyarakat.

Karya para siswa tersebut yakni dua mobil gokart.

SMK Triguna Utama yang memiliki tujuh jurusan seperti Otomotif, Mesin, Multimedia, Listrik, Bisnis Menejemen dan juga Teknik Jaringan Komputer selalu mendorong para siswanya untuk mampu meng-created sebuah karya. Contohnya, mobil gokart yang diciptakan siswa Jurusan Otomotif.

Ketua Jurusan Otomotif Ahyadi mengatakan, ide untuk membuat mobil gokart ini sebenarnya berawal dari banyaknya mesin tidak terpakai. Melihat hal ini, para siswa berinisiatif membuat suatu karya yang sangat luar biasa. Dan akhirnya, muncul ide membuat mobil gokart pada tahun 2015.

“Berawal dari mesin bekas yang tidak terpakai, anak-anak mempunyai ide untuk membuat suatu karya yang luar biasa, akhirnya membuat gokart. Dari mulai design dan segala macam itu, semua siswa yang membuat, saya hanya membimbing mereka. Satu mobil biasanya dikerjakan selama enam bulan,” ujar.

Hasilnya memang menakjubkan. Pada berbagai event maupun pameran, gokart buatan siswa SMK Triguna Utama selalu diikutkan dan bahkan menjadi pusat perhatian para pengunjung, seperti dalam pameran ulang tahun Kota Tangsel.

Sebagai reward dari kecemerlangan mereka ini pun, berbagai penghargaan pada akhirnya mereka dapatkan. Mulai penghargaan dari Dinas Pendidikan Tangsel maupun dari pihak Pemkot Tangsel itu sendiri.

Kepala SMK Triguna Utama Nirachmat mengatakan, dirinya sangat bersyukur anak-anaknya mempunyai ide kreativitas luar biasa. Dengan membuat gokart, anak-anak semakin termotivasi untuk membuat suatu karya yang lebih lagi kedepannya.

Ia juga berharap kedepannya anak didiknya dapat membuat suatu kendaraan yang ramah lingkungan yakni dari tenaga surya atau matahari.

“Ini membuat para siswa semakin termotivasi untuk mencoba suatu karya. Karena butuh proses cukup lama, untuk membuat suatu karya gokar ini. Dan, Alhamadulillah kami sudah bekerjasama dengan Mitsubishi dan juga Suzuki. Bahkan, anak-anak kami tiap tahunnya berhasil bekerja di Mitsubishi, tentunya dengan seleksi ketat,” terang Rachmat bangga.

Tak hanya prestasi akademik saja, dalam bidang non akademik SMK Triguna Utama juga mampu mencetak prestasi luar biasa seperti futsal, rampag bedug dan berbagai bidang lainnya. (*)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!