DPAD Menuju Arsip Digital dan 29 Mobil Perpustakaan Keliling

Diterbitkan  Jumat, 21 / 07 / 2017 10:35 - Berita Ini Sudah :  138 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

TIGARAKSA – Tahun 2018 mendatang seluruh arsip akan menyesuaikan dengan nafas era digitalisasi, sedangkan seluruh kecamatan sudah memiliki layanan mobil keliling perpustakaan.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Tangerang Yusrizal kepada Tangsel Pos/Tangerang Pos di ruang kerjanya yang rapi dan bersih, belum lama ini.

“Seluruh arsip yang ada di DPAD Kabupaten Tangerang ini sedang menuju ke arah digitalisasi. Sekarang arsip-arsip yang digitalisasi itu baru mencapai 50 persen, sisanya tahun 2018 clear,” ujarnya.

Menurutnya, jika arsip-arsip itu dibutuhkan masyarakat atau intansi tertentu, maka para petugas arsiparis dan Informasi Teknologi (IT) DPAD tidak perlu repot mencari karena sudah menerapkan sistem komputeriasi.

Ketika ditanya bagaimana jika arsip-arsip itu digunakan untuk kepentingan-kepentingan segelintir oknum atau kelompok tertentu, Yusrizal menegaskan yang meminta arsip-arsip itu akan dilakukan secara selektif.

Lebih lanjut Yusrizal mengatakan sebetulnya ada arsip-arsip yang bisa diakses oleh masyarakat, namun ada juga arsip-arsip yang sifatnya rahasia negara atau rahasia Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

“Untuk menunjang kinerja kearsipan, DPAD sudah memiliki ahli-ahli IT yang dikoordinir satu orang pegawai negeri sipil (PNS). Arsip-arsip dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Tangerang itu disimpan untuk jangka waktu panjang,” paparnya.

Pantauan di lokasi, DPAD memiliki tiga lantai gedung untuk menyimpan arsip-arsip tersebut. Ruangan gedung tampak dipelihara dengan sangat baik seperti kebersihannya yang juga sangat terjaga.

Sementara itu ketika disinggung tentang perpustakaan, Yusrizal mengaku memiliki program untuk tahun 2018 mendatang. “Saya berharap, tahun depan seluruh kecamatan sudah memiliki mobil layanan perpustakaan keliling,” terang dia.

Saat ini lajut dia, DPAD sudah memilik 11 unit mobil perpustakaan keliling. “Itu hibah dari PT Angkasa Pura II, Bang Jabar Banten dan Bank Syariah Mandiri, dan lain-lain,” kata Yusrizal, menerangkan.

Menurutnya, pengadaan mobil perpustakaan keliling itu akan diupayakan terus bertambah melalui hibah dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan-perusahaan sekaligus juga dengan pengadaan buku-bukunya.

“Di Kabupaten Tangerang itu ada banyak perusahaan, kita berharap mereka bisa memberikan mobil perpustakaan keliling dan buku-bukunya dari dai hibah CSR. Itu nanti kita berikan ke kecamatan-kecamatan,” katanya.

Menurutnya, jika mobil-mobil tersebut sudah ada di kecamatan diharapkan bisa melayani masyarakat hingga ke kelurahan-kelurahan untuk membangun minat dan budaya masyarakat yang lebih kuat. (bud)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!