KPNM Bakal Gelar Hari Puisi Nasional 2017

Diterbitkan  Selasa, 25 / 07 / 2017 19:40 - Berita Ini Sudah :  274 Dilihat

TANGERANG – Komunitas Penulis Nyi Mas Melati (KPNM) Tangerang bakal menggelar Hari Puisi Indonesia (HPI) 2017 di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD), Jalan Daan Mogot Nomor 1, Kota Tangerang, Sabtu (29/7) mulai pukul 13.00 Wib.

“Peringatan HPI akan dihadiri bintang tamu penyair perempuan Indonesia Rini Intama yang sebelumnya dinobatkan Juara Buku Kumpulan Puisi tingkat Nasional 2016, dengan bukunya “Kidung Cisadane”,” kata Ketua Panitia Fiki Fauzi, kemarin.

Bintang tamu lainnya sambung Fiki adalah Saefullah Alabarokms. Kang Eful – panggilan sehari-harinya – adalah seniman berasal dari Lebak, Propinsi Banten serta Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).

Sekedar informasi, acara HPI ini akan diisi beberapa materi, diantaranya pembacaan puisi oleh Fiky Fauzi yang juga penyair dari Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, monolog puisi yang akan dibawakan oleh aktris monolog Kota Tangerang Pola Malinda.

Kemudian ada musikalisasi puisi karya-karya penyair muda D Pebrian dan Suci Sulistyowati, sedangkan celoteh puisi akan disampaikan oleh budayawan sekaligus Redaktur Senior Tangsel Pos Grup Jawa Pos Budi Sabarudin, dan beberapa materi lainnya.

“Peringatan HPI ini adalah salah satu cara kami untuk untuk membaca dan merawat peradaban dengan sastra atau puisi. Selain itu sebagai upaya mengenal HPI secara lebih dekat kepada publik,” ujarnya.

Fiki berharap peringatan HPI ini memberikan efek perubahan karakter dan akhlak kepada masyarakat, dari karakter yang kurang bagus menjadi lebih baik. “Kesadaran seperti itu yang kami inginkan, meskipun hal itu tentu saja membutuhkan proses,” ujarnya.

Dalam acara itu sambung Fiki, juga akan diisi bincang-bincang puisi dengan kedua bintang tamu Rini Intama dan Saefullah Alabarokms. “Kami mengajak seluruh elemen masyarakat hadir dalam acara kami,” ajak Fiky.

Ketua KPNM D Pebrian menambahkan peringatan HPI adalah momentum untuk mengenalkan puisi sebagai salah satu bentuk ekpresi jiwa yang disampaikan dengan cara damai dan estetis.

“Momentum ini perlu dirawat kedepannya agar tidak hilang. Saya juga berharap komunitas kami ini menjadi pusat kebudayaan di bidang sastra dan literasi di Kota Tangerang,” ujar D Pebrian, yang juga mahasiswa Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

D Pebrian juga menegaskan acara ini mengangkat tema “Berpuisi dan Mencintai Negeri”. Artinya, memperingati HPI adalah salah satu cara untuk mencintai literasi, sastra, dan negeri ini.

Rini Intama mengaku bangga dengan KPNM, karena begitu peduli terhadap sastra, khususnya puisi. “Saya berharap dengan perayaan HPI ini bisa memotivasi dan menumbuhkan minat anak-anak muda pada sastra khususya di Tangerang,” pungkasnya. (bud)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!