Gilda Juara Lomba Bercerita Tingkat Wilayah Kecamatan

Diterbitkan  Rabu, 02 / 08 / 2017 15:04 - Berita Ini Sudah :  169 Dilihat

MAUK – Gilda, siswi SMP Permata Insani, lolos ke Final Lomba Bercerita tingkat SD dan SMP yang digagas Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Tangerang.

Kepastian itu setelah siswi pendiam ini menjadi juara pertama lomba bercerita tingkat Kecamatan Mauk dan sekitarya. Gilda mengalahkan 17 siswa pesaing dari sekolah lain.

Lomba bercerita tingkat wilayah Kecamatan Mauk dan sekitarnya itu digelar di Aula Kecamatan Mauk, Selasa (1/8) siang.

Widi Hatmoko, salah satu Dewan Juri lomba tersebut, mengatakan secara tegas penampilan Gilda memang lebih menarik dan menonjol dibandingkan dengan peserta-peserta lainnya.

Namun lanjut Widi, setelah Gilda menjadi juara tingkat kecamatan harus banyak berlatih mengingat saingan tingkat Kabupaten Tangerang pasti sangat berat, karena pesertanya bagus-bagus, yakni para juara dari masing-masing wilayah kecamatan dan sekitarnya.

“Peserta untuk tingkat Kabupaten Tangerang itu datang dari wilayah Kecamatan Pagedangan, Curug, Teluknaga, Kresek dan sekitarnya. Mereka juga bagus-bagus loh,” ungkap Widi, menerangkan.

Hal yang sama dikatakan Dewan Juri yang lain Fiki Fauzi. Menurut Fiki, Gilda mampu membawakan karakter tokoh dalam cerita yang dibawakannya dengan baik, yakni Misteri Rawa Gerukgak.

“Gilda memang tampil lepas sehingga cerita yang dibawakannya mengalir dan bisa dimengerti oleh para juri dan penonton. Namun sebelum di final nanti, dia tetap harus banyak berlatih,” katanya.

Ilyas, Kepala Bidang Perpustakaan pada DPAD Kabupaten Tangerang, mengatakan kepada sejumlah wartawan Final Lomba Bercerita tingkat Kabupaten Tangerang akan digelar Agustus.

“Ya, sekitar tanggal 15. Namun saya khawatir tanggal itu sibuk dengan kegiatan perayaan Kemerdekaan RI. Karena itu, bisa saja nanti digelar setelah perayaan Kemerdekaan RI selesai,” paparnya.

Dijelaskannya, final lomba akan diikuti oleh 30 peserta, yang terdiri dari 15 peserta tingkat SD dan SMP. “Mereka adalah Juara 1,2,dan 3 di lima wilayah kecamatan dan sekitarnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ilyas mengaku sudah menyusun program workshop bercerita untuk para guru-guru SD dan SMP. Para guru itu nanti yang akan melatih bercerita kepada para siswa.

“Saya berharap program itu berjalan pada tahun ini juga. Namun kalau pun tidak bisa, saya yakin tahun 2018 program itu bisa dilaksanakan , karena program itu berkaitan dengan lomba bercerita yang diadakan DPAD setiap tahun,” terang Ilyas.

Maksudnyta lanjut Ilyas, para guru-guru itu nanti, selain bertugas melatih siswanya, juga menyiapkan siswanya untuk mengikuti lomba bercerita untuk tingkat kecamatan hingga Kabupaten Tangerang.

“Jadi, kalau DPAD menggelar lomba bercerita setiap tahun tidak akan kekurangan peserta, karena peserta sebelumnya lomba sudah disiapkan oleh guru-guru di masing-masing sekolah,” katanya.

Kepala DPAD Kabupaten Tangerang Yusrisal, mengatakan tujuan akhir lomba bercerita sebetulnya untuk meningkatkan minat siswa dalam membaca buku, sehingga tumbuh budaya baca di kalangan mereka.

Diakui Yusrizal, minat baca di kalangan siswa memang harus terus ditingkatkan. Karena itu, DPAD melakukan berbagai upaya dan terobosan agar minat baca mereka dari waktu ke waktu semakin baik.(bud)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!