Narkoba Masuk Jajanan Sekolah

Diterbitkan  Rabu, 09 / 08 / 2017 0:20 - Berita Ini Sudah :  134 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

PAKUHAJI – Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wowon Widaryat menghimbau para orang tua agar waspada terhadap jajanan anak di sekolah, karena beredar kabar ada jenis narkoba yang dikemas dalam bentuk permen.

“Sekarang narkoba sudah merasuk ke jajanan di pinggiran, seperti permen impor itu,” ujarnya di SDN Kohod III, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Selasa (8/8).

Narkoba tersebut, kata Wowon, berbentuk permen karet yang warnanya menarik minat anak sekolah untuk mengkonsumsi. Hal ini sangat berbahaya, sehingga orang tua harus memperhatikan jajanan yang dikonsumsi oleh anaknya.

Wowon sendiri mengaku belum mendapatkan laporan secara resmi, namun berdasarkan informasi yang beredar di media massa, beredarnya zat adiktif yang bisa merusak masa depan anak-anak tersebut sudah sedemikian meresahkan.

“Zat-zat adiktif tersebut merasuk di masyarakat, lingkungan sekolah, khususnya lingkungan SD.Kalau SMP dan SMA sudah bisa memilih,” tambahnya.

Ia juga menekankan pentingnya edukasi terhadap anak-anak untuk mengkonsumsi jajanan yang bersih dan bergizi melalui program Gizi Anak Sekolah (Pro-GAS), sehingga anak-anak memiliki kebiasaan untuk tidak jajan sembarangan dan terhindar dari makanan yang tidak sehat, terutama jajanan yang disinyalir mengandung zat adiktif.

Een Nuraeni, salah seorang guru SDN III Kohod, Kecamatan Pakuhaji, mengaku selalu mengawasi anak didiknya bila sedang membeli jajan di sekolah dengan ramenya informasi narkoba jenis permen masuk ke sekolah membuat pihak sekolah jadi khawatir.

“Kita juga suda meminta ke orang tua siswa agar sama-sama mengawasi anak ketika beli jajan,” kata prempuan dua anak ini.

Een menamabahkan, jajanan yang berada disekitar sekolah SDN III Kohod tentu dinilai masih bebas dari narkoba jenis peremen lantaran mayoritas yang berjualan adalah warga asli sekitar sekolah namun demikan tetap aja pengewasan dilakukan.

“Insya Allah jajan di sekitar SDN III bebas narkoba jenis permen,” pungkasnya. (mg9/bud/bnn)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!