Raisya dan Shafira Juara Lomba Bercerita Tingkat Kabupaten Tangerang

Diterbitkan  Jumat, 11 / 08 / 2017 0:00 - Berita Ini Sudah :  213 Dilihat

LOMBA CERITA. Shafira Maritza dari SMPN 1 Curug sedang membawakan cerita Asal Usul Kelapa Dua dalam Lomba Bercerita tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Tangerang tahun 2017 di Studio Mini Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Kamis (10/8).

TIGARAKSA – Raisya Syifana Puteri dari MI Alfalahiyah Rajeg dan Shafira Maritza SMPN 1 Curug meraih Juara I Lomba Bercerita tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Tangerang tahun 2017.

Hal itu diketahui setelah panitia lomba mengumumkan hasil keputusan Dewan Juri di Studio Mini Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Kamis (10/8).

Pantia juga mengumumkan Avivah Dini Amelia dari SDN Kedaung Barat sebagai Juara II dan Kayla Dewi Agustine sebagai Juara III serta Ghilda Salsabila dari SMP Permata Insani sebagai Juara II dan Falia Musi Ardani dari SMP Dewi Kunti Juara III.

Kepala DPAD Kabupaten Tangerang Yusrizal, usai lomba mengatakan kepada sejumlah wartawan, para juara itu akan dibina secara khusus untuk dipersiapkan dalam lomba tingkat Provinsi Banten.

“Para juara itu aset Kabupaten Tangerang. Karena itu, mereka harus dibina agar bisa berprestasi di tingkat yang lomba lebih tinggi, seperti provinsi dan bahkan pusat,” terangnya.

Menurut Yusrizal, pada September mendatang DPAD akan menggelar Jambore Perpustakaan. “Nah, para juara itu nantinya akan kita tampilkan dalam perhelatan tersebut,” paparnya.

Ditegaskannya, memberikan kesempatan kepada para juara tampil dalam berbagai event di Kabupaten Tangerang sangat penting agar kemampuan mereka dalam bercerita semakin berkembang.

Lomba bercerita diterangkan Yusrial, tentu saja sangat baik untuk anak-anak SD dan SMP serta perlu terus dilanjutkan, karena lomba tersebut bisa membangun karakter mereke menjadi lebih baik.

“Tidak kalah pentingnya, lomba itu juga bisa meningkatkan minat baca mereka. Sebab dengan lomba ini, otomatis anak-anak akan mencari-cari referensi cerita dan membacanya, untuk kemudian dibawakan dalam lomba-lomba seperti ini,” uajrnya.

Dalam kesempatan itu juga Yusrizal mengatakan akan meningkatkan reward kepada para jaura dalam lomba tahun depan. “Ya, mudah-mudahan tahun depan reward-nya bisa dinaikkan,” katanya.

Hal senada juga dikatakn Sekretaris DPAD Hj Eti Siswati Rahayu. Menurutnya para juara harus dibina secara lanjutan agar bisa berprestasi di Provinsi Banten. “Kita minta dewan juri ikut membina para juara. Kita dobrak Provinsi Banten dengan prestasi,” ujarnya.

Widi Hatmoko, salah satu Dewan Juri, mengatakan para juara tingkat SMP yang telah ditetapkan Dewan Juri sangat objektif. “Juara 1, 2, dan 3 tingkat SMP itu sudah benar-benar obejktif,” paparnya.

Menurut Widi, yang juga dikenal seorang jurnalis ini, para juara yang akan disertakan dalam lomba di tingkat Provinsi Banten harus betul-betul memiliki persiapan yang matang dan luar biasa.

Fiki Fauzi, yang juga anggota Dewa Juri, menambahkan para peserta yang tampil di Final Lomba Bercerita tingakat SD dan SMP se-Kabupaten Tangerang itu, performannya sedikit menurun.

“Waktu di tingkat kecamatan, penampilan mereka cukup baik. Namun ketika di tingkat Kabupaten Tangerang malah banyak yang menuru, mungkin mereka kurang persiapan dan nervous,” terangnya.

Anggota Dewan Juri yang lain, Budi Sabarudin berharap para juara itu dijadikan model bercerita dan di-roadshow-kan ke sekolah-sekolah. Hal itu sangat penting agar para juara itu tetap memiliki kegiatan bercerita sehingga kemampuannya semakin terlatih.

Terkait dengan jumlah peserta lomba yang kurang maksimal menurut Budi, DPAD perlu melakukan worshop untuk guru-guru SD dan SMP sehingga guru-guru itu bisa menjadi Duta Dongeng di sekolah masing-masing.

“Guru-guru itu nantinya yang melatih dan mempersiapkan murid-muridnya untuk ikut lomba di tingat kecamatan dalam setiap tahunnya. Kalau ini dilakukan panitia tidak akan kekuangan peserta lomba,” urainya. (bud)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!