Dalam Program Kamis Membaca (KACA)


Sekolah Alam Madinah Gelar Kegiatan Mendongeng

Diterbitkan  Sabtu, 26 / 08 / 2017 6:15 - Berita Ini Sudah :  649 Dilihat

DONGENG. Budi Sabarudin dari Dongeng Center Tangerang sedang membawakan cerita berjudul “Ular yang Lapar, Petani, Induk Ayam dan Anak-anaknya”, di Sekolah Alam Madinah, Serpong, Tangsel, Kamis (24/8). Kegiatan mendongeng ini rangkaian dari program Kamis Membaca (KACA) yang digagas sekolah tersebut. Kegiatan ini disaksikan sekitar 250 siswa kelas 1 dan 5.

SERPONG – Ada yang berbeda dari program Kamis Membaca (KACA) di Sekolah Alam Madinah. Di sekolah itu biasanya para siswa membaca koleksi buku-buku di perpustakaan saja. Namun kali ini mereka mendengarkan cerita atau dongeng yang dibawakan Budi Sabarudin dari Dongeng Center Tangerang.

Acara mendongeng itu digelar di masjid sekolah tersebut, di Jalan Jelupang Raya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Kamis (24/8) pagi.

Ratusan siswa dari kelas 1 sampai 5 berkumpul di masjid itu. Sebelum memulai, Budi mengarakan mereka di bagian kanan, tengah, dan kiri agar bertepuk tangan, masing-masing satu, dua, dan tiga kali, yang diulang-ulang agar para siswa konsentrasi mendengarkan dongeng.

Setelah semuanya tenang, Budi kemudian membawakan dongeng yang berjudul “Ular yang Lapar, Petani, Induk Ayam dan Anak-anaknya.” Para siswa yang awalnya sibuk ngobrol dan bercanda memperhatikan cerita dengan sungguh-sungguh.

Diantara ratusan siswa itu ada yang tersenyum dan tertawa karena Budi membawakan dongeng itu secara jenaka dan memasukan unsur-unsur humor. Selain itu, ada siswa bernama Ekky yang menyampaikan protes bahwa ular tidak makan buah-buahan, melainkan tikus.

Usai mendongeng Budi, memberikan pertanyaan tentang tokoh dan pesan moral dalam cerita. Izza Insyirah, siswi kelas 4 yang biasa disapa Chira, menjawab, “Ular, Petani, Induk ayam dan Anak-anaknya.”.

Sementara itu, Bela yang juga siswi kelas 4, mampu menjawab pesan moral yang terkandung dalam dongeng tersebut.

“Pesan moralnya kalau kita berbuat baik, balasannya juga akan baik,” jawab Bela. Budi kemudian memberi hadiah berupa buku cerita Sultan Hasanudin kepada Bela.

Santi, Wakil Kepala Sekolah Alam Madinah, mengatakan program KACA digelar satu kali sepekan. Hal itu sebagai upaya menanamkan semangat gemar membaca sejak dini kepada para siswa.

Menurutnya, KACA sudah memasuki tahun ketiga, dan manfaatnya luar biasa terhadap minat baca para siswa. Pihak sekolah menyuplai buku-buku bacaan yang menarik minat mereka.

“Kami ingin menginspirasi para siswa agar senang membaca. Salah satunya dengan mendatangkan pendongeng dan mereka mendengarkan. Kami yakin dengan dongeng, para siswa bebas mengimajinasikan cerita yang didongengkan.

Setelah itu mereka akan tertarik membaca buku cerita lainnya. Bahkan akan sangat bagus apabila diantara mereka berminat menuliskan cerita sesuai dengan imajiansinya masing-masing,” ujarnya.

Ridwan, Kepala Sekolah Alam Madinah, berharap melalui kegiatan mendongeng para siswa mendapatkan pendidikan terbaik, ternyaman dan menyenangkan.

“Menyaksikan pertunjukkan dongeng saya rasa kegiatan yang sangat menyenangkan untuk mereka. Terbukti, mereka antusias dan bersemangat untuk merebut pertanyaan dari Kak Budi,” katanya.

Ridwan yakin, kegiatan mendongeng ini sangat baik untuk perkembangan otak anak, kemampuan berimajinasi, dan merangsang berpikir secara kreatif.

“Hal itu bagian dari visi di sekolah kami. Insya Allah, kegiatan mendongeng dalam program KACA akan dilaksanakan secara rutin dua pekan sekali,” ujarnya.(bud)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!