Lan Jin, Asinan Legendaris dari Pasar Lama

Diterbitkan  Jumat, 01 / 09 / 2017 22:13 - Berita Ini Sudah :  857 Dilihat

TANGERANG – Pasar Lama Tangerang memang terkenal dengan beragam kuliner yang disajikan, asinan Lan Jin salah satunya. Asinan yang sudah berdiri sejak 1979 ini sudah terkenal dan menjadi kuliner wajib saat mengunjungi Pasar Lama Tangerang.

Nama Lan Jin diambil dari nama si pembuat asinan ini sendiri, Liu LanJin. Perempuan berusia 65 tahun ini sudah lebih dari tiga puluh tahun berjualan asinan. Awalnya ia menjajakan asinan buatannya secara keliling menggunakan gerobak di sekitar Pasar Lama, dan mangkal di depan kelenteng Boen tek Bio. Umur yang semakin tua tidak memungkinkannya untuk berkeliling lagi, sekarang ia berjualan di rumahnya yang letaknya tidak jauh dari kelenteng Boen Tek Bio.

Asinan yang dijual di sini adalah asinan sayur. Isinya terdiri dari lobak, kol, tauge, timun, sayur asin, wortel yang ditambah dengan irisan tahu kuning dan taburan kacang tanah yang sudah digoreng. Semua bahan lalu disiram dengan kuah cuka yang asam, manis, dan sedikit pedas.

Untuk pecinta rasa pedas, jangan khawatir karena ada sambal tambahan yang sudah disediakan. Jika tidak menyukai rasa asam pedas kuah cuka, Lan Jin juga menyediakan saus kacang sebagai pilihanlain.

Sensasi segar dari saus cuka dan renyahnya sayur menjadi kombinasi pas yang membuat pengunjung akan balik lagi untuk menikmati asinan ini. Lan Jin sendiri sudah memiliki pelanggan tetap sejak dahulu.

“Pelanggan saya ada banyak, biasanya pengunjung kelenteng Boen Tek Bio,” ujar Lanjin.

Selain pengunjung kelenteng Boen Tek Bio, ada juga pengunjung dari luar daerah yang memang sengaja ingin mencicipi asinan legendaris ini.

Semenjak berjualan di rumah, Lan Jin tidak menyediakan ruang untuk makan di tempat alias pembeli hanya bisa membungkus asinan untuk dibawa pulang. Hal ini karena keterbatasan tempat berjualan yang ia miliki.

Harga satu porsi asinan Lan Jin tidaklah mahal, cukup dengan Rp 15.000 kita sudah bisa menikmati asinan dengan porsi yang besar. Satu porsi asinan Lan Jin cukup untuk dinikmati dua orang. Selain sudah terbukti lezat, asinan ini juga sehat bagi tubuh dan dompet pastinya.(mg3)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!