Masjid Baitul Makmur, Masjid Tertua Bakal Diperluas dan Dibangun Modern

Diterbitkan  Senin, 09 / 10 / 2017 10:34 - Berita Ini Sudah :  1377 Dilihat

LELANG. Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid (berdiri) menyampaikan sambutan pada acara lelang perluasan Masjid Baitul Makmur di Kampung Besar, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, kemarin.

TELUKNAGA – Dengan niat tulus dan ihlas, Panitia perluasan Masjid Baitul Makmur yang dikenal sebagai masjid tertua di wilayah utara Kabupaten Tangerang, sukses mengumpulkan dana sebesar Rp 970.

Demikian diakui Ketua Panitia Rusdi Mustopa, usai menggelar lelang perluasan Masjid Baitul Makmur, di Kampung Besar, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Minggu (8/10) siang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Rudy Maesyal Rasyid atau biasa disapa Rudi dan Kepala Bapenda Soma Atmaja dan beberata tokoh masyarakat.

“Alhamdulillah sampai saat ini, kami sudah mengumpulkan dana sebesar Rp 970 juta. Donasi tersebut akan digunakan untuk membebaskan tiga rumah warga di area masjid,” ungkapnya.

Menurut Rusdi, Masjid Baitul Makmur dibangun sekitar tahun 1885, sehingga bisa dikatakan masjid tertua di wilayah utara Tangerang. “Dulu masjid ini dijadikan pusat penyebaran agama Islam,” katanya.

Dijelaskan Rusdi, masjid tersebut didirikan atau dibangun oleh inisiator seorang ulama yg bernama Abah Mualim H Mushonip (para ulama dan tokoh masyarakat menyebutnya seperti itu, red),

“Abah Mualim H Mushonip lahir sekitar th 1853 dan meninggal pada tahun 1943. Sekarang nama Abah Mualim H Mushonip diabadikan menjadi sebuah jalan,” ungkap Rusdi, yang tokoh pemuda Teluknaga ini.

Menurutnya, makam Abah Mualim H Mushonip persis berada di depan masjid, sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan perjuangan beliau selama hidupnya.

Dikatakannya, masjid itu, selain sebagai pusat penyebaran agama Islam, juga sebagai pemersatu para santri dan ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Banyak sumber dan cerita tentang ketokohan dan kekafahan KH Moch Mushonip atau Abah Mualim H Mushonip, baik dari para sesepuh, anak dari para santri beliau kala itu,”ujarnya.

Rusdi mengaku bersama tokoh muda dan masyarakat serta tokoh agama Telukanaga akan membangun dan merawat Masjid Baitul Makmur agar bisa digunakan generasi muda sepanjang zaman.

“Yang penting bagi kami bagaimana kami bisa menjaga masjid ini, karena ini masjid sejarah dan harus digunakan untuk kepentingan umaat. Karena itu, masjid ini akan kami bagun dan memperluas agar mesjid ini lebih layak, modern, megah dan luas, karena memang seiring perkembangan jaman, masjid baitul makmur tak lagi bisa menampung jamaah masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sekda Kabupaten Tangerang mengatakan pembangunan masjid sangat penting bagi kaum muslim. “Siapa yang membangun masjid di dunia, Allah akan membangunkan rumah di surga,” paparnya.

Dalam kesempatan itu juga Sekda menyerahkan bantuan berupa uang dari Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Tak ketinggalan Sekda juga memberikan bantuan, disusul kemudian Soma Atmaja yang juga memberikan bantuan. (bud)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!