Butuh Payung Hukum Tangani TB-HIV

Diterbitkan  Kamis, 23 / 11 / 2017 11:13 - Berita Ini Sudah :  435 Dilihat

KAJIAN AKADEMIS. Ketua Fraksi PAN Kota Tangerang (kiri) menerima hasil kajian akademik tentang penyakit TB-HIV di Kota Tangerang dari Pimpinan Daerah Aisiyah (PDA) Kota Tangerang dan Sub-Sub Recipient (SSR) Tuberculosis (TB) HIV Care, Nimi Pujianti, di Ruang Fraksi PAN, kemarin.

TANGERANG – Pimpinan Daerah Aisiyah (PDA) Kota Tangerang dan Sub-Sub Recipient (SSR) Tuberculosis (TB) HIV Care bersama anggota Fraksi PAN Kota Tangerang membahas secara serius penanganan human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kota Tangerang.

Menurut Ketua PDA Kota Tangerang Nimi Pujianti, kemarin, diskusi tersebut untuk menyambut agenda dan kebijakan road map Hotel Amaris Kota Tangerang, selama dua hari, sejak 21-22 November 2017

“Banyak yang di bahas dalam silaturahmi itu, di antaranya mengenai penanganan TB-HIV di kota Tangerang, baik dari segi kebijakan dan keadaan yang ada di lapangan. Team SSR TB-HIV Care Aisiyah akan berkerjasama dengan tim peneliti dari YAKMI dan MAK-UGM,” katanya.

Menurutnya, penyakit tersebut banyak diderita usia produktif, yaitu usia 25-35 tahun. Selain itu karena masih minimnya pelayanan lab sebagai upaya preventif TB-HIV. Karena itu, penyakit tersebut perlu menjadi perhatian khusus oleh berbagai pihak, baik Lagislatif maupun eksekutif.

“Saya berharap, untuk menangani penyakit itu perlu kebijakan berupa payung hukum tentang TB-HIV, sehingga diharapkan Kota Tangerang bebas dari TB di tahun 2022 dan HIV mampu di kendalikan. Dengan demikian Kota Tangerang lebih produktif,” paparnya.

Ditegaskannya, penderita TB pada usia 25-35 harus dapat di tekan. Tujuannya untuk meningkatkan angka harapan hidup di Kota Tangerang yang merupakan bagian dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Safrudin selaku Wakil Ketua Fraksi PAN, mengatakan Puskesmas yang ada di Kota Tangerang harus memberikan ruang kusus untuk dahak dan peningkatan fasilitas lab dan SDM-nya.

Dedi Hasbullah, Seketaris Fraksi PAN, mengatakan dirinya menyambut baik dan mendukung penuh atas segala kegiatan yg telah dan akan dilakukan PDA dan SSR TB-HIV Care Kota Tangerang.

Ketua Fraksi PAN Ella Silvia berharap hasil kajian akademik tentang TB-HIV Kota Tangerang yang disampaikan PDA dan SSR TB-HIV bisa ditindaklanjuti dengan payung hukum melalui peraturan daerah (perda).(bud)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!